FKG USK Sukses Selenggarakan AICD 2022

08.11.2022 Humas

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah (FKG USK) telah selesai menyelenggarakan kegiatan rutin konferensi internasional 2nd Aceh International Conference in Dentistry (AICD) pada hari Sabtu dan Minggu, 5-6 November 2022 di Hermes Hotel Banda Aceh.

'Innovation from technology and materials to improve professionalism, science, and clinical skills' adalah tema yang diangkat tahun ini. Seminar internasional ini diselenggarakan setiap dua tahun sekali oleh FKG USK, setelah sebelumnya dilaksanakan AICD pertama pada tahun 2020 secara daring dikarenakan situasi pandemi.

Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Marwan yang membuka secara resmi seminar tersebut mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya bidang kedokteran gigi dengan sasaran para dokter gigi, dokter gigi spesialis serta mahasiswa kedokteran gigi serta menjadi wadah bagi dokter gigi dalam bertukar pikiran dan membahas kasus-kasus yang dijumpai di klinik.

"Selain itu, kegiatan ini juga merupakan sarana untuk menjalin kerjasama antar tenaga ahli di bidangnya dari luar negeri maupun dalam negeri," Sebut Prof Marwan.

Sementara itu, Dekan FKG USK, Dr. drg. Cut Soraya, M.Pd, Sp.KG  menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mengembangkan pengetahuan dan wawasan, serta meningkatkan keterampilan dokter gigi yang ada di dalam maupun di luar Indonesia, sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan terbaru saat ini.

"Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan peningkatan dan update ilmu serta terbentuk kerjasama antar tenaga ahli di bidangnya," tutur Dekan FKG USK.

Ia membeberkan, bahwa peserta yang mengikuti seminar ini hampir mencapai 150 orang dan sebagian besar berasal dari wilayah Aceh, Medan, Padang, Bandung, Pekanbaru, Jakarta serta Kapuas. Pembicara berasal dari dalam dan luar negeri yakni dari Australia, Malaysia serta Indonesia.

Ketua AIDC 2022, drg. Maida Fitri, Sp.KG menjelaskan, kegiatan hari pertama, Sabtu 5 November 2022 terdiri dari main lecture (kegiatan teori) dan hands on (kegiatan keterampilan). Pemateri utama pada hari pertama berasal dari International Islamic University Malaysia, Assoc. Prof. Dr. Widya Lestari, DDS., MDSc., PhD; Universitas Padjadjaran, Prof. Dr. Eriska Riyanti, drg., Sp.KGA, Subsp.AIBK(K); Universitas Indonesia, Dr. drg. Aditya Wisnu Putranto, Sp.KG, Subsp.KR (K); Universitas Syiah Kuala, drg. Rafinus Arifin Sp.Ort, drg. Nuzulul Ismi, Sp.Perio dan drg. Muhammad Syakuran, Sp.BM.

"Kegiatan keterampilan yang dilaksanakan pada hari pertama terdiri dari kelas-kelas kecil 15-25 orang dengan satu orang pembimbing. Kegiatan tersebut terdiri dari 3 kelas yang membahas tentang penambalan pada gigi anak, gingivektomi, serta penambalan pada gigi dewasa," kata Maida.

Sedangkan di hari kedua, Minggu 6 November 2022 juga terdiri dari main lecture (kegiatan teori) dan hands on (kegiatan keterampilan). Pemateri utama berasal dari La Trobe University, Elizabeth Fitriana Sari, BDSc, DDSc, MDSc (Oral Med), Ph.D serta Universitas Indonesia, drg.Benso Sulijaya, Sp.Perio(K), Ph.D.

Kegiatan keterampilan pada hari kedua berjudul Early detection of oral cancer; The updated series for dentist oleh Elizabeth Fitriana Sari, BDSc, DDSc, MDSc (Oral Med), Ph.D bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan para dokter gigi dalam pemeriksaan rongga mulut untuk mendeteksi secara dini apabila terdapat lesi pada rongga mulut yang mengarah ke kanker.

Acara terselenggara dengan sukses berkat dukungan panitia serta para sponsor yaitu Cobra Dental, Voco The Dentalists, Global Dent, Revoden Asia, Citra Ratu Baiduri, PT Osstem Implant, PT International Karya Utama, PT Neora, PT Haleon, Oxyfresh, BSI, Mitra Mandiri Dental, Wardah serta Lyradyba.