FKH Unsyiah Bahas Strategi Peternakan di Masa Pandemi

29.06.2020 Humas

Fakultas  Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala menyelenggarakn seminar secara virtual dengan mengangkat tema Strategi Peternakan Mengontrol Kesehatan dan Produktivitas Ternak di Tengah Situasi Pandemi Covid-19. Kegiatan ini dipandu oleh Dekan FKH Unsyiah Drh. Teuku Reza Ferasyi M.Sc. PhD. (Banda Aceh, 28/6/2020).

Rektor Unsyiah Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng dalam sambutannya sangat mengapresiasi inisiatif dari FKH Unsyiah untuk melakukan seminar virtual ini. menurut Rektor, hal tersebut merupakan sebuah langkah yang positif untuk mencari titik temu persoalan perternakan di masa pandemi seperti sekarang ini.

“Apalagi, kegiatan ini menghadirkan sejumlah praktisi dan tokoh yang memiliki keterkaitan erat dalam industri peternakan di Indonesia. Tentu ada banyak hal positif yang kita dapatkan dari diskusi ini,” ucap Rektor.

Rektor juga menilai, Aceh adalah salah satu daerah yang sangat potensial untuk mengembangkan industri peternakan di Indonesia. Alam Aceh sangat luas dan kaya. Semua itu merupakan sebuah keunggulan bagi provinsi Serambi Mekkah ini.

Hanya saja, lanjut Rektor, potensi tersebut tidak dapat dikelola dengan baik. hal ini terlihat masih tingginya angka kemiskinan dan pengangguran di Aceh. Untuk itulah, Rektor mendorong pengembangan teknologi dalam industri perternakan di Aceh.

“Tidak akan ada orang mau masuk ke Fakultas Pertanian, kalau kita suruh mereka mencangkul. Maka  kita harus mengenalkan teknologi. Apalagi sekarang sudah zamannya Artificial Intelligence, di mana semua pekerjaan bisa lebih mudah dengan sentuhan teknologi,” ungkap Rektor.

Teuku Reza Ferasyi mengungkapkan, kegiatan ini menghadirkan sejumlah praktisi pertenakan dan kewirausahaan, serta orang-orang yang terlibat secara langsung dalam industri perternakan.

Mereka tidak sekadar hadir, tapi turu menjadi pemateri dalam seminar virtual ini. Seperti Anwar Tandiono dari PT Indojaya Agrinusa, menyampaikan tentang strategi usaha peternakan unggas dalam mengendalikan kesehatan pekerja dan ternak serta kegiatan pemasaran selama masa pandemi covid 19.

Lalu Kepala UPT Kewirausahan Unsyiah Prof. Dr. Drh. M. Hanafiah MP, yang  menyampaikan materi tentang penggunaan teknologi digital dalam mengembangkan wirausaha peternakan. Selanjutnya, Dr. Reza Abdul Jabbar, pemilik industri sapi perah dari selandia Baru. Di mana ia menyampaikan materi untuk memotivasi peserta agar serius menggeluti usaha peternakan.

“Pada kesempatan ini, beliau juga menyatakan bersedia menerima pelajar dari Aceh untuk magang di tempatnya,” ungkap Dekan FKH Unsyiah.

Selain pemateri tersebut, turut hadir pula Bupati Aceh Besar, Ir. Mawardi Ali dan Kepala Dinas Peternakan Aceh, drh. Rahmandi, MSi. Kegiatan ini ditutup dengan komitmen untuk menindaklanjuti keterlibatan para pihak mengimplementasikan kolaborasi sebagaimana telah didiskusikan.