FKH Unsyiah Peringati Dies Natalis Ke-60 dan Lustrum XII

22.10.2020 Humas

Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala memperingati hari lahirnya yang ke-60 sekaligus Lustrum XII.  Peringatan tersebut dilaksanakan dalam bentuk Rapat Senat Terbuka secara virtual. (Banda Aceh, 17 Oktober 2020).

Dekan FKH Unsyiah drh. Teuku Reza Ferasyi, MSc., PhD menjelaskan, kegiatan tersebut dilakukan tepat pada tanggal yang sama dari penetapan secara resmi dibukanya Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan (FKHP) Unsyiah pada tahun 1960, yaitu 60 tahun yang lalu.

Selanjutnya dalam perjalanan waktu, berdasarkan Surat Keputusan Menteri P dan K Nomor 1312 tanggal 10 Oktober 1985 Jurusan Peternakan diintegrasikan ke dalam Fakultas Pertanian.

“Sehingga FKHP Universitas Syiah Kuala pada saat itu telah berubah menjadi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala,” ucapnya.

Pada acara Rapat Senat Terbuka tersebut, Teuku Reza Ferasyi juga melaporkan sejumlah perkembangan yang telah dicapai FKH Unsyiah hingga usia ke-60 tersebut. Di antaranya adalah akreditasi sejumlah Prodi dengan peringkat A dari BAN-PT, tersedianya gedung dan sarana-prasarana baru, khususnya melalui Proyek 7in1 Unsyiah dengan bantuan the Saudi Fund for Development (SFD), serta sejumlah kerja sama dengan berbagai pihak di dalam dan luar negeri.

Selanjutnya, dalam sambutan Rektor Unsyiah Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., yang dalam kegiatan ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Marwan, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas pelaksanaan acara peringatan dies natalis tersebut.

Prof. Marwan  juga menyampaikan harapan agar akreditasi FKH Unsyiah dapat terus ditingkatkan. Serta terus meningkatkan kerja sama dengan berbagai pihak.

Pada kegiatan ini, juga dilaksanakan orasi ilmiah dengan Dies Reader Dies Reader Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Dr. Ir. Nasrullah, M.Sc., yang pada kesempatan ini diwakili oleh drh. Syamsul Maarif M.Si., selaku Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Judul orasi ilmiah yang disampaikan adalah Mewujudkan Target Pembangunan Peternakan Nasional Melalui Sinergi dan Harmonisasi dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 Selanjutnya, Ketua Umum Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PB PDHI), drh. H. Muhammad Munawaroh, MM, menyampaikan presentasi tentang perkembangan organisasi dan program-program PB PDHI hingga saat ini.

Dalam rangkaian acara tersebut juga diikuti dengan pembagian secara simbolis santunan kemanusiaan bagi para anak yatim, khususnya untuk anak-anak dari  dosen FKH Unsyiah yang telah meninggal.

“Santunan tersebut merupakan hasil penggalangan donasi dari para alumni dalam kaitan kegiatan peringatan Dies Natalis ke-60 tahun ini,”  ucap Dekan FKH Unsyiah.

 Selain itu juga diumumkan penerima anugerah FKH AWARD Tahun 2020. Anugerah ini merupakan yang pertama dilaksanakan pada lustrum XII, dengan penamaan award mengambil dari nama-nama para mantan dekan dan wakil dekan FKH Unsyiah yang meninggal dalam tugas.

 Penerima anugerah tersebut yaitu Balai Veteriner Medan untuk kategori mitra menerima Noerjanto Award Untuk Mitra. Kemudian drh. Erina, MSc. menerima Abdullah Ali Award untuk kategori Dosen Inovatif dan Berdedikasi.

Selanjutnya drh. Eka Wahyu Hidayat yang merupakan  Ketua Umum IKA FKH Unsyiah menerima anugerah Djemaat Manan Award untuk Alumni Pelopor. Lalu drh. H. M. Munawaroh, MM, Ketua Umum PB PDHI menerima anugerah Ahmad Damhoeri Award untuk kategori Dokter Hewan Inspiratif.

Kemudian Irna Gustrina menerima  Razali Award untuk kategori Mahasiswa Unggul. Terakhir, Abdul Manab, S.Sos., Kasubbag Akademik FKH Unsyiah menerima Soemarmo Award untuk kategori  Tenaga Kependidikan Berkinerja dan Berdedikasi.

Adapun rangkaian kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan pada peringatan Dies Natalais ke-60 sekaligus Lustrum XII tahun 2020 ini terdiri dari:

Studium Generale atau Kuliah Umum oleh Ketua Umum PB-PDHI, drh. Muhammad Munawaroh, MM untuk mahasiswa PPDH dengan topik kode etik dokter hewan dan persiapan UKM PPDH, telah dilaksankan pada Jumat, 16 Oktober 2020

Lalu Rapat Senat Terbuka FKH Unsyiah dan Orasi Ilmiah oleh Dirjen Peternakan dan Keseehatan Hewan, kementerian Pertanian RI, tanggal 17 Oktober 2020. Temu Kangen Virtual Alumni, tanggal 17 Oktober 2020. Virtual International Conference 2nd ICVAES, tanggal 22-23 oktober dengan Keynote Speaker dari Indonesia (Ketua AFKHI), Australia, Turki, Republik Ceko, dan Switzerland.

Selanjutnya, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW secara virtual, tanggal 29 Oktober 2020, dengan penceramah Ustadz Masrul Aidi. Serta pengabdian Masyarakat Pelayanan RSHP FKH Unsyiah di masa pandemi pada awal November 2020