FKIP Unsyiah Gelar Konferensi Internasional Bidang Literatur

12.07.2019 Humas

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Syiah Kuala menyelenggarakan konferensi internasional The 28nd  International Conference on Literature (ICoL). Konferensi ini terselenggara atas kolaborasi program studi pendidikan bahasa Indonesia dan program studi pendidikan bahasa inggris bekerja sama dengan Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (HISKI). Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari sejak 11-13 Juli 2019 di Aula FKIP Unsyiah, dan diikuti oleh akademisi dari berbagai universitas di seluruh Indonesia.

Ketua panitia acara, Dr. Zulfadli A. Aziz, M.A., mengatakan, paper yang masuk kali ini adalah sebanyak 126 paper, yang datang dari peneliti dari seluruh Indonesia. Konferensi ini, tambahnya, tebagi ke dalam tiga rangakain acara, yaitu presentasi keynote speaker, parallel session, dan diakhir akan ada musyawarah pengurus besar HISKI. Keynote speaker yang dihadirkan dalam konferensi ini datang dari berbagai negara, yaitu Dr. Soe Marlar Lwin dari Singapore University of Social Sciences, Dr. Mohamad Saleeh Bin rahamad dari University of Malaya, Ass. Prof. Dr. Phaosan Jahwae dari Fatoni University Thailand, Prof. Dr. Djoko Saryono, M.Pd. dari Universitas Malang, dan Prof. Dr. Antonia Soriente dari University of Naples Orientale, Italy.

   

Dr. Mohd. Harun, M.Pd, ketua HISKI sekretariat Aceh mengatakan, tema yang diangkat pada konferensi ini adalah Literature as the Source Wisdom, atau literature sebagai sumber kearifan. Tema ini diambil agar kita tau bagaimana literatur atau karya sastra ini sangat berperan penting bagi seluruh aspek kehidupan masyarakat. Pembahasan tentang tema ini, tambahnya, juga akan menambah pengetahuan kita tentang karya-karya sastra di berbadai daerah, dan negara. Harun berharap agar konferensi ini bisa membantu kita memahami secara komprehensif perkembangan literature/karya sastra di Indonesia, dan berbagai belahan dunia lain.

Rektor Unsyiah, Prof. Ir. Samsul Rizal M.Eng, sangat mengapresiasi prodi bahasa indonesia, prodi bahasa inngris, dan HISKI yang telah bekerja keras untuk menyukseskan konferensi ini. Menurutnya, konferensi ini adalah salah satu kesempatan bagi para akademisi dan peneliti untuk bertemu dan saling berdiskusi terkait isu kesusastraan. Terakhir, rektor juga berharap, agar paper yang terdaftar dapat lolos masuk ke jurnal internasional yang terindeks, sehingga dapat membuat FKIP Unsyiah lebih baik di bidang publikasi internasional.