FMIPA Terus Pantaskah Diri Terapkan Zona Integritas

20.06.2022 Humas

Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) terus melakukan persiapan sebagai unit kerja yang menerapkan Zona Integritas (ZI). Salah satu langkah yang diambil adalah mengundang Kepala Puslatbang KHAN LAN RI, Ir. Faizal Ardiansyah, M.Si untuk memberikan pencerahan.

Pada kesempatan tersebut, Faizal dipercayakan sebagai narasumber, dengan kegiatan bertema; Sosialisasi tentang Benturan Kepentingan Zona Integritas FMIPA USK dalam Rangka Menuju Wilayah Bebeas dari Korupsi (WBK) Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Ia mengatakan, faktor kunci keberhasilan ZI WBK meliputi; Culture Set and Mind Set, kepemimpinan yang kuat, monev, meningkatkan intensitas diskusi, dialog rutin, dokumentasi dan publikasi ke publik, serta peningkatan respon publik terhadap kinerja pelayananan.

"Nantinya saat diwawancarai di Menpak-RB, pertanyaan penting yang ditanyakan adalah perubahan apa yang sudah anda lakukan? Ini menentukan dalam konteks ZI," jelasnya.



Kebiasaan kultur timur yang mengenal budaya bantu dan terimakasih, menjadi salah satu tantangan terbesar untuk penerapan ZI WBBM. Kebiasaan tersebut, membuka peluang terjadinya gratifikasi. Untuk itu, butuh integritas dan panduan yang jelas bagi sebuah institusi.

"Karena itu, penting untuk dibuat pemodelan semacam buku saku, sebagai panduan dalam menjalankan tugas. Jadi konflik kepentingan menjadi kecil," Jelas Kepala Puslatbang.

Ia menjelaskan, ZI WBBM menjadi penting karena Indonesia punya arah pembangunan ASN. Langkah tersebut dimulai dari RPJM tahun 2005-2009 tentang good governance, kemudian reformasi birokrasi 2010-2014, lalu ASN Merit system 2015-2019, hingga world class governance 2020-2024.