FMIPA USK Akan Terjunkan Mahasiswa ke Aceh Selatan Implementasikan SIGAP

24.01.2022 Humas

Sebanyak 18 orang mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Syiah Kuala (USK) akan diterjunkan ke Aceh Selatan untuk melatih dan mengimplementasikan aplikasi Sistem Informasi Gampong (SIGAP) bagi aparatur gampong di Kabupaten Aceh Selatan. Hal ini disepakati dalam pertemuan pimpinan FMIPA USK dengan Pemerintah Daerah Aceh Selatan dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh (DPMG) di Gedung Bupati Aceh Selatan, Tapak Tuan, Kamis (20/1).

Pertemuan ini dihadiri oleh FMIPA USK, yaitu dekan Teuku M. Iqbalsyah, Wakil Dekan I Nasrullah Zaini, Wakil Dekan III Ilham Maulana, Ketua Program Irfan Mustafa, dan Elly Sufriadi.

Di pihak Kabupaten Aceh Selatan hadir, Sekda Cut Syazalisma, Asisten I Erwiandi, Kepala DPMG Cut Agustinur, para camat dan geuchik dari 18 Gampong yang akan menjadi sasaran.

Sementara itu, dari DPMG Aceh hadir Kabid Pengembangan SDA dan TTG Wardana, serta Kasi Pengembangan Sistem Informasi Helmi Iskandar. Hadir juga perwakilan Program Kompak Aceh, Darman.

Ke-delapan belas mahasiswa FMIPA USK ini akan dilatih oleh Kompak dan DPMG Aceh sebelum diterjunkan ke Aceh Selatan mulai Februari 2022. Mereka akan berada di setiap gampong selama lebih kurang 5 bulan. Secara akademik, keterlibatan mahasiswa dalam program ini akan diakui sebagai program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sebanyak 20 sks. Ke-delapan belas mahasiswa ini diseleksi dari puluhan mahasiswa yang berminat mengikuti program ini.

Dekan FMIPA USK, Prof. Teuku M. Iqbalsyah menyebutkan bahwa program ini merupakan pilot project, dan sangat mungkin dilakukan juga di berbagai Kabupaten lain di Aceh.

"FMIPA siap untuk menerjunkan para mahasiswanya ke seluruh daerah di Aceh dalam rangka peningkatan kapasitas masyarakat di seluruh Aceh," lanjut Iqbalsyah.

SIGAP adalah aplikasi data base gampong yang diluncurkan oleh DPMG Aceh. Aplikasi ini adalah terobosan untuk memudahkan gampong dalam membuat perencanaan pembangunan.

Kepala Bidang Pengembangan SDA dan TTG DPMG Aceh, Wardana, mengatakan bahwa aplikasi SIGAP ini akan sangat membantu pemerintah gampong untuk mengintegrasikan data, dengan sistem update yang juga mudah, sehingga perencanaan gampong diharapkan akan benar-benar berbasis pada data kebutuhan di lapangan berdasarkan informasi yang dianalisis melalui aplikasi ini.

Sementara Sekda Aceh Selatan, Cut Syazalisma menyebutkan bahwa SIGAP ini merupakan kebutuhan mutlak setiap gampong di era Informasi dan digitalisasi saat ini. Sekda mengapresiasi kesediaan para mahasiswa FMIPA USK untuk berkhidmad bagi pembangunan di Aceh Selatan.