FT USK-Dishub Aceh Kolaborasi Penelitian Transportasi

11.05.2022 Humas

Dinas Perhubungan Aceh dengan Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (USK) sepakat melakukan kerjasama dalam hal penelitian. Salah satunya, dengan terbentuknya Center for Transportation Research and Cooperation (CTRC), yaitu pusat penelitian dan kerjasama sektor transportasi di Aceh. (Banda Aceh, Selasa, 10 Mei 2022)

Kepala Dinas Perhubungan Aceh, Teuku Faisal mengatakan, kemajuan tekonologi, tentu menghasilkan dinamika baru dalam dunia transportasi. Oleh karena itu, kerja sama dengan dunia akademisi tentu sangat diperlukan, supaya layanan transportasi bisa beradaptasi lebih cepat dengan perkembangan zaman.

Di samping itu, pada laman resmi Dishub Aceh, Faisal menekankan supaya penelitian yang dilakukan benar-benar sesuai dengan kebutuhan masyarakat maupun permasalahan yang ada di lapangan. Faisal juga berterima kasih kepada pihak kampus atas kerja sama yang telah terjalin sejak dua tahun yang lalu.

"Hasil penelitiannya kita harap juga bisa diaplikasikan secara nyata, jadi hasilnya tidak tersimpan di dalam lemari. Ini kerja sama yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak, dan tentunya bisa bermanfaat bagi masyarakat Aceh, khususnya," ujar Faisal.



Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik USK, Alfiansyah Yulianur, menyebutkan bahwa keilmuan mahasiswa harus ada keterkaitan dengan dunia kerja. Sehingga begitu lulus bisa langsung memasuki dunia kerja. Ia juga meminta masukan dari Dishub Aceh terkait materi perkuliahan supaya sesuai dengan permintaan dunia kerja.

Kerja sama ini, menurut Alfiansyah, juga bentuk dari keterpanggilan pihak kampus untuk menyelesaikan permasalahan masyarakat di bidang perteknikan.

"Kerja samanya bisa berbentuk penelitian bersama, kajian, pemecahan kasus, tugas belajar, atau kegiatan-kegiatan lain yang bisa kita kembangkan bersama," ungkap Alfiansyah.