Hizir Resmi Pimpin Komite Statistik Asia Tenggara

30.07.2020 Humas

Wakil Rektor Unsyiah Bidang Kerjasama, Perencanaan, dan Humas Dr. Hizir terpilih menjadi ketua Komite Statistik Asia Tenggara atau International Statistical Institute Southeast Asia (ISI SEA) Outreach Committees. Hizir menjadi ketua komite menggantikan  Toh Hock Chai yang telah pensiun dan menyerahkan tongkat estafet kepada Hizir Sofyan setelah enam tahun memimpin.

Hizir, yang sudah lama menjadi anggota ISI ditunjuk langsung oleh Komite Eksekutif ISI sebagai Ketua baru ISI SEA Outreach Network and Committee. Kepemimpinannya mulai berlaku mulai berlaku sejak 1 Juli 2020. Sebagai kotua komite ISI SEA, Hizir ditugaskan untuk membangun, memelihara dan mempromosikan Jaringan Regional ISI di wilayah Asia Tenggara.

Toh Hock Chai memberikan dukungan penuh kepada Hizir untuk memimpin Komite. Seperti yangdilansir dari website resmi ISI, Toh Hock Chai mengungkapkan bahwa Hizir dalah sosok yang tepat memimpin ISI SEA Outreach Committee karena perannya yang besar dalam pengembangan ISI SEA melalui berbagai kegiatan.

“Bersama-sama, kami telah memperluas jangkauan ISI ke berbagai kelompok kepentingan statistik, masyarakat, asosiasi dan individu di wilayah Asia Tenggara melalui berbagai program. Yang penting, kawasan ini telah berhasil menyelenggarakan Kongres Regional ISI ke-2 di Bali pada tahun 2017 dan Kongres Statistik Dunia ISI ke-62 di Kuala Lumpur pada tahun 2019”.

Perlu diketahui, ISI adalah asosiasi profesional ahli statistik yang sudah berdiri sejak 1885. Misi dari lembaga besar ini adalah memimpin, mendukung, dan mempromosikan pemahaman, pengembangan, dan praktik statistik yang baik di seluruh dunia, dengan menyediakan jaringan inti global untuk statistik. ISI memiliki sekitar 4.000 anggota yang dipilih dari pemerintah, akademisi, dan sektor swasta.

ISI SEA Outreach Committees adalah salah satu komite penjangkauan ISI yang dibentuk untuk mengembangkan  kegiatan, jaringan, dan mempromosikan serta mewakili ISI dan Asosiasi di berbagai wilayah. Selain ISI Southeast Asia, ISI juga memiliki Komite Penjangkauan Central EurAsia dan Komite Penjangkauan Asia Timur.