Karya Ilmiah Mahasiswa USK Juara di Ajang Berskala Internasional

18.07.2022 Humas

Tim Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala (FKG USK) berhasil meraih tiga juara di ajang penelitian berskala internasional. Dari tiga tim yang diturunkan USK, semuanya berprestasi di ajang UGM Dental Student Research Competition (UDSRC). Universitas Gadjah Mada (UGM) bertindak sebagai tuan rumah.

USK menyabet Juara I pada katagori Oral Presentation. Tim ini beranggotakan lima mahasiswa FKG USK, yaitu Inas Aqifah, Afri Handayani, Najla Asyura, Sirri Hijirni, Raudhatul Jannah, dengan dosen pembimbing, drg Diana Setya Ningsih, M.Si. Kolaborasi mereka berhasil melahirkan karya ilmiah yang bernas dan memukau dewan juri.

Karya ilmiah Tim FKG USK berjudul: “Utilization of Bioinformatics in Detecting the Antibacterial Ability of  Calotropis Gigantea that Grows in The Geothermal Area of Le Jue”. Pada katagori ini, FKG Universitas Airlangga menjadi Juara II dan Juara III dimenangkan oleh FKG Universitas Indonesia, sebagai Juara II dan III.

Dekan FKG USK, Dr. drg. Cut Soraya, M.Pd., Sp.KG
mengatakan bangga atas capaian tersebut. Menurutnya, prestasi ini tidak didapatkan dengan mudah, tetapi berkat kelihaian mahasiswa yang kritis terhadap persoalan yang diteliti dan mendapatkan bimbingan yang matang dari dosen.

"Ini merupakan prestasi yang membanggakan. Saya mengucapkan selamat kepada Tim FKG. Capaian ini diraih setelah melewati proses yang ketat, dimana pada tahap awal, para peserta mengirimkan paper yang berisikan abstrak dan judul penelitian, kemudian panitia melakukan seleksi dan memilih 10 finalis terbaik," jelas Dekan FKG USK, Senin 18 Juli 2022.

Lebih jauh ia menerangkan, tiga Tim USK masuk 10 besar bersama tim dari beberapa kampus, seperti Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Islam Sultan Agung, Universitas Mahasaraswati, dan Universitas Pertahanan.

Sepuluh besar tim yang lolos selanjutnya berlaga pada babak final, dimana mereka harus mengirimkan paper utuh, poster dan materi yang akan dipresentasikan. Final tersebut diadakan pada 16 Juli 2022. Selain final paper, turut dilangsungkan final untuk katagori lomba poster. Di katagori ini, USK memborong dua kemenangan, Juara I dan II.

Untuk Juara I diperoleh Tim USK yang dimotori Inas Aqifah dkk. Sedangkan Juara II, Tim FKG USK dengan anggota, Rizka Nazarina dan Lukiya Salsabila, dengan dosen pembimbing drg. Iin Sundari, M.Si. Tim ini, mempresentasikan poster dengan judul “Study of Microleakage Between Glass Ionomer Cement (GIC) and Bioactives as Restorative Materials in Class V Cavities". Sementara Juara III diperoleh mahasiswa dari FKG Universitas Airlangga.

"Keberhasilan Tim FKG berprestasi di ajang berskala internasional patut disyukuri. Artinya, FKG USK punya daya saing yang andal. Sekali lagi saya ucapkan selamat, ucap Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Marwan.

Sebelumnya, FKG USK juga berhasil menjadi Juara III International Virtual Conference Brawijaya Scientific Meeting in Dentistry 2022 (5th BSMD 2022) yang diselenggarakan FKG Universitas Brawijaya. USK menjadi Juara III di katagori original article scientific paper. Untuk Juara I menjadi milik tuan rumah, Universitas Brawijaya dan Juara II diraih oleh Universitas Sumatra Utara.