Kehutanan USK Bahas Deforestasi dan Bencana Alam di Aceh

25.11.2022 Humas

Himpunan Mahasiswa Kehutanan (HIMASYLVA) Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala (USK) menggelar Focus Group Discussion (FGD), dengan Tema 'Pengaruh Deforestasi Hutan Terhadap Bencana Alam di Aceh' di Aula Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Aceh, Banda Aceh, Kamis 24 November 2022.

FGD dimaksudkan untuk membahas dan mengupas tuntas secara bersama-sama Pengaruh Deforestasi Hutan Terhadap Bencana Alam di Aceh dengan bertujuan supaya bisa mendapatkan solusi terbaik dari permasalahan tersebut.

Peserta FGD merupakan mahasiswa aktif program studi Kehutanan USK. Kegiatan ini difasilitasi dan didukung oleh DLHK Aceh, Forum Konservasi Leuser (FKL) dan Program Studi Kehutanan USK. Kegiatan FGD tersebut dibuka oleh Kepala Dinas LHK Aceh, A. Hanan, S.P, MM.

Narasumber pada FGD tersebut yaitu A. Hanan, S.P, MM, Alifi Rehanun Nisya, S.Si (Staff Forum Konservasi Leuser), Ir. Subhan, S. Hut., M.Si., IPU (Dosen Program Studi Kehutanan USK) dan dimoderatori Ayu Nisyah Zahra Batubara (Mahasiswi Program Studi Kehutanan USK).

Kadis LHK Aceh dalam sambutannya mengimbau  semua pihak, baik masyarakat maupun pemangku kepentingan, untuk terus menjaga regulasi yang ada, demi terciptanya masyarakat Aceh sejahtera dan hutan lestari.

"Deforestasi bukan merupakan faktor utama dampak dari bencana alam. Namun deforestasi merupakan salah satu dampak yang besar terjadinya bencana Alam; banjir," kata Kadis LHK Aceh.