Kepala SMA N 2 Plus Sipirok: Unsyiah telah Ada di Relung Hati Kami

22.04.2019 Humas

Sebanyak 92 siswa serta 8 guru SMA Negeri 2 Plus Sipirok melakukan studi banding ke Universitas Syiah Kuala. Rombongan sekolah asal Tapanuli Selatan ini dipimpin oleh Khairul Faiz Nasution, S.Pd, M.Si selaku kepala sekolah dan disambut oleh Wakil  Rektor I Unsyiah Prof. Dr. Marwan di Ruang Balai Senat Unsyiah. (Jumat, 19/4).

Khairul Faiz mengungkapkan, kunjungan menuju Unsyiah telah mereka rencanakan jauh-jauh hari. Sebab  kunjungan ini merupakan bagian dari program OSIS SMA N 2 Plus Sipirok dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui studi banding ke sekolah atau Universitas. Di mana tujuannya adalah, untuk  memberikan pengalaman baru bagi siswa dan guru dalam bidang wawasan ilmu pengetahuan dan pengelolaan pendidikan.

Oleh sebab itu, pihaknya memilih Unsyiah sebagai salah satu perguruan tinggi yang harus mereka kunjungi. Alasannya, karena Unsyiah telah melalui perjalanan yang panjang sehingga menjadi salah satu Universitas yang diperhitungkan di Indonesia. Untuk itulah, melalui kunjungan ini mereka ingin mengenal Unsyiah lebih jauh.

“Kami sendiri membuktikan pada Unsyiah dengan menempuh perjalanan 1000 KM, hal ini menunjukkan bahwa keberadaan kami di sini karena telah menempatkan Unsyiah di relung hati kami,” ucapnya.

Melalui kunjungan ini, Khairul Faiz berharap bahwa suatu saat nanti ada banyak siswanya yang bisa kuliah di Unsyiah. Pihaknya juga mengatakan sangat terbuka jika Unsyiah ingin melakukan kerja sama dengan SMA N 2 Plus Sipirok.

“Semoga kehadiran kami bisa menjadi perhatian Unsyiah. Karena kami ingin sekali meningkat jumlah siswa kami untuk masuk Unsyiah,” ucapnya.

Sementara itu Marwan mengatakan, Unsyiah merasa sangat senang sekali atas kunjungan ini. Selama ini Unsyiah sangat terbuka kepada siapapun yang ingin bersilaturrahim ataupun belajar kepada Unsyiah.

Kepada siswa SMA N 2 Plus Sipirok, Marwan menceritakan sejarah panjang lahirnya Unsyiah, serta beberapa program unggulan kampus ini. Salah satunya adalah program UP3AI yang merupakan program wajib bagi setiap mahasiswa Unsyiah jika ingin lulus mata kuliah agama.

 “Dari semester satu sudah ada pembinaan agama UP3AI, dengan target semua lulusan Unsyiah minimal bisa baca alquran,” ucap Marwan.

Selain itu, Marwan kepada siswa SMA N 2 Plus Sipirok Marwan juga berpesan, agar mereka belajar dengan giat dan tidak mudah patah semangat dalam mengejar cita-cita. Karena masa depan bangsa ini kelak ada di tangan mereka.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Humas Unsyiah Chairil Munawir MT, S.E., M.M dan Kepala Bagian Pendidikan Biro Akademik Unsyiah Darmawan, ST. MM.