Kerjasama USK-Pemko Sabang, Ikhtiar Wujudkan Wisata Medis Ala Pulau Penang

28.06.2022 Humas

Pemerintah Kota Sabang menjalin kerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (FK USK) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Kerjasama tersebut merupakan bentuk komitmen pemkot setempat dalam meningkatkan pelayanan kesehatan Sabang.

Kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama di Ruang Kerja Sekretaris Daerah Kota Sabang, Kamis 23 Juni 2022. Sekda Kota Sabang, Drs. Zakaria MM menyambut baik kerjasama ini, dengan harapan dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di RSUD Kota Sabang.

"Alhamdulilah kita akan terus meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat, pendidikan dan penelitian kedokteran di RSUD. Tidak hanya para dokter kita, tapi para calon dokter masa depan juga akan dilatih terkait peningkatan keilmuan dan membantu mengelola rumah sakit agar pelayanan kepada masyarakat dapat lebih baik lagi," kata Sekda Kota Sabang.

Zakaria mengungkapkan, melalui perjanjian kerjasama ini, tidak hanya khusus spesialis bedah saja namun spesialis lain yang dibutuhkan oleh RSUD Kota Sabang juga akan dipenuhi oleh FK USK. Kerjasama dengan universitas terbaik di ujung barat Indonesia ini, diharapkan langgeng. Dengan demikian, hasil yang maksimal akan dapat terwujud.

"Dengan kerjasama ini, saya harapkan semua pihak mendapatkan hasil yang terbaik. Baik itu, meningkatkan keilmuan tenaga medis kami maupun peningkatan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat, pendidikan dan penelitian kedokteran, agar mendapat hasil yang diharapkan," harap Zakaria.

Senada dengan itu, Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Marwan menyambut baik kerjasama tersebut. Ia mengatakan, USK siap memberikan yang terbaik demi kemajuan dunia kesehatan di kota yang terkenal dengan pariwisata tersebut.

"Kita tau bahwa Sabang adalah representasi dari wajah pariwisata di Aceh, dan salah satu yang terbaik di Indonesia. Melalui kerjasama ini, bukan tidak mungkin Sabang bisa mendatangkan pelancong dengan tujuan kesehatan," tutur Rektor.

Prof Marwan melihat peluang tersebut bukanlah sesuatu hal yang mustahil. Dengan catatan sinergitas semua unsur solid, yang muaranya ialah pelayanan terbaik dari RSUD Sabang.

"Salah satu contoh paling dekat ada di negara serumpun, Malaysia. Negeri jiran kita, sangat serius menggembleng wisata medis di Pulau Penang. Dimana pasien Indonesia termasuk dominan berobat ke sana," beber Prof Marwan.

Pada perjanjian tersebut, USK diwakili oleh Wakil Dekan I Fakultas Kedokteran USK, Dr. dr. Safrizal Rahman, SpOT., M.Kes, Staf Pengajar Fakultas Kedokteran USK Dr. dr. Dahril, SpU(K), dan Staf Pengajar Fakultas Kedokteran dr. Muhammad Yusuf, Sp.B KBD.

Sementara dari unsur Kota Sabang, hadir Ketua Tim Pansus I DPRK Sabang, Muhammad Isa, Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kota Sabang, Andri Nourman AP. M.Si, Kepala Dinas Kesehatan Kota Sabang, dr. Edi Suharto, Direktur RSUD Kota Sabang, dr. Mardani SpOG, Kabag Hukum Setda Kota Sabang, Azrul Kamal SH dan Kabid Pelayanan Medis RSUD Kota Sabang, dr. Husnaina febrita.