Komitmen USK Cetak Banyak Prodi Unggul

21.06.2022 Humas

Universitas Syiah Kuala (USK) berkomitmen mencetak banyak program studi (Prodi) berakreditasi unggul. Salah satu langkah yang diambil adalah melaksanakan workshop, yang membahas strategi pencapaian akreditasi unggul. Kegiatan ini berlangsung di Ruang VIP AAC Dayan Dawood USK. (Banda Aceh, Selasa 21 Juni 2022).

Wakil Rektor I kampus setempat, Prof. Dr. Ir. Agussabti, M.Si., IPU membuka dengan resmi workshop yang diinisiasi oleh Program Pasca Sarjana dengan dukungan LP3M USK. Tak tanggung-tanggung, USK langsung mengundang Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT, Prof. Ari Purbayanto, PhD sebagai narasumber.

Prof. Ari juga menjelaskan, untuk mewujudkan prodi unggul secara meyeluruh, strategi yang dilakukan tidak hanya dukungan sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai, dukungan dosen yang memiliki kualifikasi dan kompetensi unggul juga sangat diperlukan. Selain itu, kurikulum pendidikan juga perlu dilakukan pemutakhiran (updated) sesuai dengan kebutuhan dunia industri dan pasar kerja, serta mutu yang terjamin.

“Kemajuan pendidikan tidak terlepas dari penerapan proses Penjaminan Mutu Pendidikan yang dilakukan secara Baik, Konsisten, dan Berkelanjutan (continuous quality improvement)” ujar Prof. Ari.

Beberapa hal lainnya yang turut mendukung pencapaian akreditasi unggul yaitu:

sistem penjaminan mutu internal (SPMI) yang berjalan baik, input mahasiswa yang terseleksi baik dan terjaga kontiuitasnya, ketersediaan sumber dan bahan pembelajaran yang memadai, penyelenggaraan Pendidikan yang menjamin lulusan tepat waktu.

“Pelaksanaan penjaminan mutu eksternal yang berjalan baik dengan capaian peringkat akreditasi Unggul (BAN-PT) atau capaian akreditasi internasional dan pelaksanaan sertifikasi keahlian/profesi yang diterima dunia kerja juga menjadi strategi yang penting untuk dilakukan,” jelasnya. 

Selain Prof Ari, narasumber kedua pada workshop yang mengangkat tema ‘Kebijakan dan Pelaksanaan APT dan APS Menuju Perguruan Tinggi Unggul’ itu diisi oleh Prof. H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D., mantan Rektor Universitas Jambi dan Anggota Dewan Eksekutif BAN PT. IA memberikan paparan tentang Konsep dan Strategi Akreditasi Berbasis Hasil (Outcome Based Accreditation).

“Isu penting untuk kepemimpinan PT Abad 21 diantaranya yaitu harus inovatif dan kreatif, budaya kolaboratif, multidisioliner dan transdisipliner, peka/ cepat tanggap dan visioner,” ujar Prof Johni membuka paparannya.

Ia menjelaskan bahwa ada lima konsep dan strategi akreditasi berbasis hasil yaitu: melaksanakan tugas berdasarkan aturan, mereformasi manajemen sistem PT, penjaminan mutu (Quality Assurance) menuju ISO dan WCU, Benchmarking dan kerjasama, serta perubahan pola fikir.

Acara workshop ini dihadiri oleh lebih dari 80 peserta yang terdiri dari Ketua dan Sekretaris Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M), Direktur dan Wakil Direktur I Pasca Sarjana, para Wakil Dekan, Ketua SJMF dan Koordinator Program Studi di lingkungan USK.

Selain itu, turut hadir pula pimpinan perguruan tinggi swasta yang ada di Aceh yaitu (LLDIKTI Wialyah XIII, Universitas Serambi Mekkah, Direktur Politeknik Aceh, Institute Seni Budaya Aceh, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang dan beberapa Universitas Swasta lainnya. Pada Acara diskusi banyak hal yang menjadi pencerahan untuk Universitas se-Aceh.