Mahasiswa Baru FT USK Ikut Pakarmaru

14.08.2022 Humas

Sekitar seribu Mahasiswa Baru Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala mengikuti kegiatan Pembinaan Akademik dan Karakter Mahasiswa Baru atau dikenal dengan Pakarmaru di lingkungan Fakultas tersebut. (Banda Aceh, 8 Agustus 2022).

Kegiatan Pakarmaru ini adalah agenda akademik tahunan yang dilakukan untuk menyambut seluruh mahasiswa baru sekaligus memperkenalkan mahasiswa baru kepada almamater USK. Untuk tingkat universitas, Pakarmaru telah dilaksanakan di Gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam, Banda Aceh, pada 2-4 Agustus 2022. Untuk Fakultas Teknik sendiri dilaksanakan selama dua hari yaitu tanggal 8 dan 9 Agustus 2022 di Gedung Fakultas Teknik USK.

Berbeda dengan dua tahun ajaran sebelumnya, Tahun Ajaran 2022/2023 ini adalah tahun perdana pelaksanaan Pakarmaru secara luring pasca Covid-19. Pakarmaru FT tahun ini mengusung tema ‘Membentuk Teknokrat yang Handal, Berkarakter, dan Berakhlak Mulia’.

Para mahasiswa terlihat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Adapun kegiatan hari pertama adalah pengenalan kampus yang meliputi civitas akademika; akademik, administrasi dan kemahasiswaan; ketua jurusan, sekjur, dan kaprodi; pengenalan Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Teknik (IKAFT) dan para ketua IKA Prodi; organisasi Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS), hingga beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkungan Fakultas Teknik.

Salah satu hal yang menjadi unik dan menarik dan belum pernah ada sebelumnya dari kegiatan Pakarmaru FT tahun ini adalah adanya eksebisi produk/karya seni dari setiap himpunan dari 11 Program Studi S-1 dan 3 Program Studi D3. Eksebisi ini merupakan sarana edukasi yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan serta informasi khususnya kepada anak baru mengenai beberapa hasil karya dari abang dan kakak letting mereka mahasiswa FT.

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan mampu membantu memacu para mahasiswa baru agar nantinya dapat berprestasi dalam menghasilkan suatu karya yang sangat menginspirasi.

Dekan FT USK Prof. Dr. Ir. Alfiansyah Yulianur mengatakan,  Pakarmaru hari adalah pembinaan karakter mahasiswa yang sangat penting untuk menyiapkan mahasiswa untuk menghadapi dunia perkuliahan. “Materi-materi yang disampaikan pun direncanakan sedemikian rupa agar membuka wawasan mahasiswa,” ujarnya.

Materi pertama adalah bagaimana menjadi mahasiswa yang berprestasi di bangku kuliah sekaligus aktif dalam kegiatan kemahasiswaan yang disampaikan oleh Dr. Syaifullah Muhammad, ST., M.Eng, Dosen Jurusan Teknik Kimia.

Beliau menyampaikan bahwa mahasiswa harus bisa berdaya di kedua bidang akademik dan non-akademik karena akan menjadi salah satu poin yang diperlukan pada saat mencari kerja setelah lulus nantinya.

Acara Pakarmaru ini kita desain dengan matang agar dapat berlangsung secara kondusif. Semua mahasiswa baru Fakultas Teknik USK harus mengikuti acara ini sebagai syarat kelulusan nantinya. Semua panitia sudah bersinergi dan bekerja sama agar acara ini bebas dari sampah dan tetap menjaga protokol Kesehatan.

Dalam acara Pakarmaru, semua Dosen Pembina Kegiatan Mahasiswa masing-masing prodi juga kita libatkan pada masing-masing bidang yang disepakati,” disampaikan oleh Dr. Farid Mulana, S.T., M.Eng selaku Wakil Dekan III Fakultas Teknik USK.

Gegap gempita mahasiswa Teknik ikut menyanyikan beberapa lagu ala Teknik diantaranya Mars, Hymne, dan lagu Lon Galak Gata. Lagu-lagu tersebut menjadi media relaksasi mahasiswa disela-sela materi yang disampaikan.

Selain itu, beberapa identitas Fakultas Teknik juga disampaikan dalam kesempatan yang sama. Pada sesi akhir hari pertama Pakarmaru, IKAFT FT dibantu oleh BEM FT turut mengajarkan mahasiswa baru beberapa tradisi ala Aneuk Teknik seperti Mars Teknik, Hymne Teknik dan Lagu Lon Galak Gata yang sudah sangat familiar dengan Aneuk Teknik.

Tidak lupa juga mereka diberikan contoh dengan Hormat Teknik yang ada ada sejak dahulu. Menjelang sore jam 18.00 WIB semua mahasiswa baru meninggalkan lingkungan Fakultas Teknik menuju ke rumah masing-masing.