Mahasiswa FKep USK Sukses Selenggarakan TASLIH 8

23.11.2021 Humas

Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala sukses menyelenggarakan kegiatan Orientasi Keislaman atau Ta'aruful Islamiyah Lishshihah (TASLIH) 8, sejak tanggal 13 – 14 November 2021 secara daring.

TASLIH ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh LDF Ash-Shihah FKep USK. Taslih juga merupakan agenda yang wajib diikuti bagi seluruh mahasiswa baru FKep USK yang beragama islam.

Tema yang diusung dalam kegiatan TASLIH 8 kali ini adalah “Metamorfosa Iman Dalam Meningkatkan Ketaqwaan Demi Terwujudnya Akhlakul Karimah Sebagai Fondasi Mahabbah Ukhuwah Islamiyah”.

Tema ini diambil dengan tujuan untuk menggugah kesadaran mahasiswa muslim FKep USK, untuk mendalami setiap arti kehidupan islam, serta memperkokoh dan merajut benang ukhuwah islamiyah antar mahasiswa FKep.

Kegiatan TASLIH 8 ini diikuti oleh 142 mahasiswa angkatan 2021 FKep USK. Kegiatan ini diawali dengan pemutaran video “The Memory Of Harika Taslih” yang merupakan konsep kegiatan TASLIH tahun ini.

Di mana konsep ini, para peserta akan melewati berbagai musim dan tantangan untuk mencetak kader-kader mahasiswa/i yang berakhlakul karimah. Peserta TASLIH 8 tahun ini diberi sebutan Rafif (untuk laki-laki) dan Rafifah (untuk perempuan) yang berakhlak baik, kemewahan, dan ketaatan.

Rangkaian agenda dalam kegiatan TASLIH 8 ini seperti pemutaran video oleh panitia, mendengarkan tausiyah dari para pemateri, yaitu Ma’rifatullah, Tawadzun, Ma’rifatul Qur’an, Ma’rifatul Islam, Ghazwul Fikri, Ma’rifatul Rasul, Ma’rifatul Insan, dan pelaksanaan Tahyiz Mayit. Selain itu, panitia juga mengadakan games menarik agar peserta dapat menikmati kegiatan acara TASLIH 8.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor III USK, Dr. Hajjul Kamil, S. Kp, M.Kep. Dalam sambutannya, beliau mengatakan dirinya sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan taslih 8 yang diadakan oleh LDF Ash-Shihah Fakultas Keperawatan ini.

“Output akhir dari kegiatan ini adalah prosesnya dapat diikuti oleh semua peserta dengan baik, dan semoga ilmu yang didapat bermanfaat sehingga menghasilkan mahasiswa/i Fakultas Keperawatan USK yang berakhkhlak mulia,” ucapnya.

Diva Mardevian sebagai ketua panitia TASLIH 8 pun berharap, semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi peserta, dan panitia. Serta terjadinya perubahan yang lebih islami baik dalam perilaku, pakaian, maupun perkataan. Ia pun berharap, kegiatan seperti ini bisa berlanjut di tahun berikutnya.

TASLIH 8 tahun ini memiliki jargon "Gapai Cita dengan Taqwa, Rajut Ukhuwah Hingga Jannah". Jargon tersebut bertujuan agar mahasiswa Fkep USK menjadi muslim yang hebat, dapat membela agama, negara sesuai dengan pedoman Al-Qur'an, dan menjadi muslim yang beriman kepada Allah dan Rasul Nya.

Hari terakhir ditutup dengan Closing Ceremony yang dihadiri oleh Wakil Dekan III Fakultas Keperawatan USK, Direktur UP3AI FKep Unsyiah, Ketua Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) dari berbagai Fakultas serta tamu undangan lainnya.

Penutupan video buku "The Memory Of Harika Taslih" merupakan simbolis yang menandakan bahwa acara TASLIH 8 telah selesai. Rangkaian acara ini diakhiri dengan pengumuman peserta (Rafif dan Rafifah) terbaik, kelompok terbaik, video projek kebaikan terbaik, serta foto bersama sebagai dokumentasi kegiatan TASLIH 8.