Mahasiswa KKN Kunjungi Kebun Tembakau Warga

20.06.2022 Humas

Mahasiswa USK yang sedang melaksanakan KKN kolaborasi XXI-425 di Desa Miruek Lamreudeup, Kecamatan Baitussalam, Kabupaten Aceh Besar melaksanakan berbagai program kerja. Salah satunya mengunjungi kebun tembakau warga.

"Ini merupakan pengalaman berharga bagi kami, bisa melihat langsung tambakau dari dekat," kata Ketua Tim KKN 425, Rizal Khatami, Senin 20 Juni 2022.

Menurutnya, tembakau milik salah satu warga desa setempat punya nilai ekonomi yang tinggi, jika mampu diolah dan di-branding dengan baik. Karena itu, pihaknya mengambil peran untuk sharing soal marketing.

"Selain soal kualitas yang tetap harus konsisten dijaga. Marketing yang cakap, jadi kunci untuk mengenalkan tembakau Miruek Lamreudeup di mata dunia," benernya.



Selain itu, kelompok KKN 425 berkesempatan mengunjungi pabrik bata. Mereka bisa melihat langsung proses pembuatan bata. Momen tersebut, dimanfaatkan untuk belajar proses pembuatan salah satu komponen utama dalam pembuatan bagunan tersebut.

Secara umum, dituturkan oleh warga, usaha dapur bata tersebut dijalankan secara turun temurun. Dijelaskan, bila harga bata naik, itu tidak terlepas dari harga tanah yang naik, ongkos angkut yang tak lagi sama karena BBM naik, hingga harga kayu sebagai bahan utama pembakaran yang kadang juga naik.

Sementara itu, mahasiswa KKN tersebut juga terlibat di banyak kegiatan. Seperti ikut serta membantu berlangsungnya BIAN (Badan Imunisasi Anak Nasional), gotong royong bersama kelompok dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-76, hingga membantu warga menanam tanaman TOGA bersama Dompet Dhuafa.

Untuk diketahui, kelompok KKN 425 beranggotakan, Athaya Syouqi Nezar, Cut Putri Harri, Ghina Salsabila, Nafisyah Laila, Rida Raihati Miska, Siti Sahrani dan dibimbing oleh DPL, Ir. Cut Aida Fitri, M.Si.