Mahasiswa KKN Periksa Kesehatan Hewan Kurban

22.07.2021 Humas

Mahasiswa Kuliahan Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Syiah Kuala (USK) melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan kurban sebelum disembelih pada hari raya Idul Adha 1442 Hijriah.

Kegiatan tersebut dilakukan oleh mahasiswa KKN yang melaksanakan pengabdian sosial di Gampong Durian Rampak, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

Koordinator Mahasiswa KKN Gampong Durian Rampak, T. Daryansyah mengatakan, pihaknya melakukan pemeriksaan kesehatan pada beberapa ekor hewan kurban pada hari raya Idul Adha.

"Monitoring hewan qurban merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan pengabdian kita untuk masyarakat sebagai salah satu syarat untuk ujian sarjana di kampus," tuturnya, Rabu (21/7/2021).

Ada sebanyak 15 ekor hewan qurban yang disembelih oleh masyarakat, namun katanya yang menjadi sampel objek pemeriksaan hanya beberapa hewan kurban dari jenis kerbau dan sapi saja.

Daryansyah juga menjelaskan, pada kegiatan monitoring hewan kurban tersebut, ia dan rekan-rekannya melakukan pemeriksaan antemortem dan posmortem.

"Kita mengidentifikasi ektoparasit dan endoparasit yang terdapat pada hewan qurban dengan tujuan untuk kepentingan kesehatan warga saat mengkonsumsi daging qurban," terangnya, sebagaimana dimuat pada laman Acehportal.com

Ia menyebutkan, dalam kegiatan KKN di Gampong Durian Rampak itu, selain dirinya juga terdapat dua orang temannya yang merupakan mahasiswa dari jenjang S-1 Fakultas Kedokteran Hewan USK.

"Selain saya pak, ada Adisti Fikra dan Widya Nur Hidayati. Jadi kita bertiga ditugaskan untuk melakukan pengabdian di Gampong Durian Rampak, Susoh ini," pungkasnya.