Mahasiswa KKN Tematik Covid-19 Unsyiah Beri Pelatihan Desain Grafis

02.07.2020 Humas

Maiful Hari, mahasiswa Unsyiah yang tergabung dalam kelompok 669 KKN Tematik Covid-19 memberikan pelatihan desain grafis kepada masyarakat. Kelompok 669 merupakan salah satu kelompok yang setiap anggotanya terpisah dengan anggotanya yang lain, sehingga semua program kelompok harus dilakukan secara individu dari tempat tinggal masing-masing. Maiful memberikan pelatihan dari Desa Darul Ikhsan, Kecamatan Bakongan, Kabupaten Aceh Selatan melalui aplikasi Zoom, WhatsApp serta Youtube.

Maiful mengatakan, program utama dari kelompok 669 adalah “Program Menumpas dan Progam Membangun”. Program Menumpas adalah program-program yang bertujuan memutus rantai penyebaran Covid-19, seperti kegiatan membagikan poster tips pencegahan Covid-19 serta penjelasannnya, kegiatan membagikan hand sanitizer, memberikan bantuan berupa sabun cuci tangan ke Masjid, kegiatan pembuatan masker serta pembagian masker.

            Sedangkan Program Membangun adalah, program yang bertujuan untuk meningkatkan skill masyarakat agar menambah wawasan terbaru dan untuk dapat bersaing walaupun di tengah pandemi. Salah satu bagian dari program ini adalah pelatihan Desain Grafis.

Peserta pelatihan desain grafis yang diselenggarakan oleh Maiful berjumlah 12 orang. Karena salah satu peserta pelatihan ini berada di Kairo Mesir terdapat perbedaan zona waktu antara dengan Indonesia membuat Maiful harus mengadakan diskusi dengan peserta dari Mesir ini pada jam 02.00 WIB.

KKN Tematik Covid-19 sangat berbeda dengan KKN Tematik lainnya, karena pada KKN ini mahasiswa dituntut menjadi pemutus rantai penularan Covid-19 dengan cara mengedukasi akan pentingnya tips pencegahan Covid-19 dan bahaya yang akan dirasakan jika terjangkit Virus Covid-19. KKN Tematik Covid-19 benar-benar memberikan ruang dan kesempatan kepada para mahasiswa untuk dapat berinovasi di tengah hempitan pandemi.