Mahasiswa KKN Tematik Unsyiah Ciptakan Game A-Covid Venture

08.07.2020 Humas

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Covid-19 Universitas Syiah Kuala berhasil menciptakan game dengan nama A-Covid Venture. Inovasi mahasiswa Unsyiah ini bertujuan untuk mengedukasi anak-anak untuk lebih mengenal Covid-19. (Banda Aceh, 7/7/2020).

Kepala P3KKN Unsyiah Dr. Dra. Sulastri, M.Si., menjelaskan, game ini diciptakan oleh dua mahasiswa Unsyiah yaitu  William Chiari dan Hokky Chandra Wiguna dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Keduanya dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang berbeda. Williams Chiari dari Prodi Matematika FMIPA peserta KKN kelompok 246 dibimbing oleh Dr. Suriani, S.E., M.Si.  Sedangkan Hokky Chandra Wiguna dari Prodi Informatika, peserta KKN kelompok 141 dibimbing oleh Dr. Irin Caisarina, ST., M.Sc.

“Gamenya mereka namakan A-Covid Venture. Ilustrasi Game A – Covid Adventure dan kreasinya oleh William Chiari dan Hokky Chandra Wiguna,” ucap Sulastri.

Kedua mahasiswa tersebut merupakan peserta dalam KKN Tematik Covid-19 Tahun 2020. Meskipun berasal dari kelompok yang berbeda, tapi mereka bekerjasama dalam membuat Game tersebut.

“Sasaran program yaitu siswa bangku sekolah dasar dan menengah. Hasil akhir dalam program ini adalah game A-Covid Venture yang dapat dimainkan di PC (Versi Android sedang dalam pertimbangan),” jelas Sulastri.

Sulastri juga menjelaskan bagaimana konsep Game A-Covid Venture ini. Mulanya, Game A-Covid Venture ini berpusat pada Budi Budiman, anak sekolah yang diberikan tugas oleh gurunya untuk mencari tahu mengenai Covid-19. Dalam permainan, Budi ditemani oleh teman sekelasnya yaitu Anda, Profesor Daud, serta robot bernama Bala.

“Semuanya memiliki karakter yang unik, membuat kisah dalam permainan ini semakin menarik untuk diikuti,” ujarnya.

Seiring berjalannya game, pemain akan diberikan beberapa pilihan yang dapat menentukan rute dalam permainan. Fitur quiz juga menjadi salah satu fitur utama dalam permainan, yang bertujuan untuk melihat sejauh mana pemain telah memahami edukasi yang diberikan dalam permainan.

 

Menurut Sulastri, pengembangan A-Covid Venture diharapkan dapat mengedukasi anak-anak mengenai Covid-19, namun dengan cara yang lebih modern dan digemari anak-anak.

“Game yang bertipe visual novel ini didominasi oleh teks naskah dan gambar-gambar statis, namun tetap menarik di mata anak-anak karena adanya video edukasi sebagai fitur tambahan di dalam game,” terangnya.

Sulastri menilai, inovasi seperti ini merupakan  salah satu keunggulan dari kerjasama yang terjalin dari setiap kelompok KKN Unsyiah. Mengingat syarat KKN di Unsyiah adalah dalam satu kelompok harus berasal dari tiga prodi yang berbeda.

“ Tujuannya, untuk mendorong lahirnya karya yang lebih kreatif, atau inovasi lainnya dari mahasiswa melalui kerjasama mahasiswa Unsyiah antar prodi pada kegiatan KKN,” ujar Sulastri.

Untuk diketahui, sejak tanggal 15 Mei 2020 yang lalu, Rektor Unsyiah telah melepaskan 3768 mahasiswa Unsyiah untuk melaksanakan KKN tematik Covid-19. Mahasiswa KKN tersebar di 13 Provinsi. Dalam masa pendemi Covid-19 ini, mahasiswa melakukan KKN di kampung asalnya masing-masing.