Mahasiswa Unsyiah dan DLHKI Banda Aceh Peringati Hari Peduli Sampah Nasional

24.03.2020 Humas

Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan (DLHKI) Kota Banda Aceh melaksanakan kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional, Sabtu 14 Maret 2020. Dalam kegiatan ini, BEM FKIP Unsyiah turut berpartisipasi bersama sepuluh organisasi mahasiswa dan dua komunitas.

Sepuluh organisasi mahasiswa itu, adalah Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) FKIP, LDF Almudarris, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (HIMADIKON), Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI), Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMKA), Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan (HIMADIKWARA), Himpunan Mahasiswa Sendratasik  (HIMASENDRATASIK), Himpunan Mahasiswa Sejarah (HIMAS), Gelanggang Mahasiswa Sastra Indonesia (GEMASASTRIN), dan HIMAPAUDI. Sedangkan dua komunitas lainnya, yaitu Captain Production dan komunitas Bersamakami cabang Aceh.

Kegiatan ini dilaksanakan agar menciptakan lingkungan bersih dan bebas sampah dan menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan. Kegiatan ini juga diharapkan dapat mewujudkan kota Banda Aceh bebas sampah di tahun 2025.

Mahasiswa selain menjadi pegiat akademik, penuntas legislatif atau eksekutif di kampus, diharapkan juga menjadi penggiat dalam lingkungan bersih bebas sampah. Kegiatan ini juga untuk menumbuhkan kesadaran diri dan bertanggung jawab pada lingkungan.

Kegiatan ini dihadiri dan dibuka oleh walikota Banda Aceh yaitu bapak Aminullah Usman, S.E., Ak., M.M. pada pukul 09.30 tepatnya di pelabuhan Ulee Lheu. Setelah pembukaan, maka masing-masing korlap mengarahkan zona-zona tempat yang menjadi target pelaksanaan. Terdapat beberapa kegiatan seperti gotong royong, tampilan seni, pameran daur ulang, penanaman pohon, talkshow pengelolaan sampah organik, serta pencenangan pilah sampah dari rumah.

Pada kegiatan ini pemilihan sampah juga dilakukan dengan cara dipisah menjadi 3 bagian, yaitu sampah plastik, sampah organik, dan sampah residu tujuan dipilah agar sampah organik bisa dimanfaatkan menjadi pupuk sedangkan sampah lainnya bisa didaur ulang.