Mahasiswa Unsyiah Terima Penghargaan Peneliti Terbaik

16.09.2019 Humas

Mahasiswa Agroteknologi Fakulas Pertanian Unsyiah, Sayyidul Fatih berhasil mendapatkan dana hibah dari program Indofood Riset Nugraha (IRN) yang disponsori oleh perusahaan nasional PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood). Di periode ini, program IRN memberi bantuan dana riset kepada 63 mahasiswa dari seluruh Indonesia, yang dikhususkan untuk mahasiswa S1 yang sedang menyelesaikan studi mereka.

Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk Suaimi Suriady yang juga Ketua Program IRN mengatakan, setelah melewati proses seleksi, pada 30 Agustus 2019 kemarin, tim pakar IRN telah memilih 63 dari 318 proposal yang layak menerima bantuan riset.

“Mereka berasal dari 35 universitas baik negeri maupun swasta yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Ini merupakan kesempatan yang istimewa bagi para mahasiswa karena tidak hanya memperoleh bantuan dana, tetapi mereka juga akan mengikuti pelatihan dan coaching clinic,” papar Suaimi.

Sayyidul mengatakan, dari 63 penerima hibah tersebut, ia juga berhasil terpilih menjadi salah satu peneliti terbaik dengan penelitiannya yang berjudul Optimalisasi Pertumbuhan dan Hasil Dua Varietas Jagung Manis (Zea Mays Saccharata Sturt) Menggunakan Rizobakteri Pemacu Pertumbuhan Tanaman.

“Kriteria penilaian dalam pemilihan ini meliputi aspek pelaksanaan penelitian, mutu penelitian, teknik  presentasi, penguasaan materi, dan sikap peneliti”, kata Sayyidul.

Selain mendapatkan dana riset sebesar 10 juta, Sayyidul bersama dua peneliti terpilih lainnya juga mendapat kesempatan mengikuti Scientific Tour ke Singapura untuk mempelajari proses penelitian dan prasarana penelitian yang lebih mumpuni.

Ketua Tim Pakar IRN Prof Dr Ir Purwiyanto Hariyadi MSc berharap, melalui program IRN, mahasiswa dapat lebih peka dan jeli mengidentifikasi dan mengeksplorasi pangan yang ada di sekitar mereka.

“Terutama sumber-sumber lokal yang berpotensi meningkatkan kecerdasan, kesehatan, dan potensi bangsa. Kami berharap hasil-hasil penelitian mahasiswa melalui program IRN dapat menginspirasi dan berkontribusi pada pengembangan sistem pangan dan diversifikasi pangan,” jelas Purwiyanto.