Mahasiswa USK Bawa Futsal Aceh ke 16 Besar POMNAS XVII

21.11.2022 Humas

Tim futsal Aceh yang diperkuat 10 mahasiswa Universitas Syiah Kuala (USK) secara heroik mampu menumbangkan tuan rumah Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVII, Sumatra Barat. Pertandingan yang berlangsung di Rafhely Futsal itu berkesudahan dengan skor 2-1, Minggu 20 November 2022. 

Belum genap pertandingan berjalan 10 menit, Aceh tertinggal lebih dulu. Berawal dari kick in, bola yang diolah, diteruskan dengan sebuah cut back, Sumbar tidak menyia-nyiakan peluang tersebut dan mencatatkan gol pertama. 

Tertinggal lebih dulu tidak lantas membuat Aceh down. Tim futsal Aceh, selain diperkuat 10 mahasiswa USK, juga diperkuat 2 mahasiswa Universitas Malikussaleh (Unimal). Usai tertinggal lebih dulu, mereka tersengat untuk membalas. 

Fitrah Patria, M Al-Asfaraini, Darul Rizwan, Wildan Mufadhal dan Rizky Karunia tampil lebih taktis. Upaya anak-anak Aceh akhirnya berbuah. Aksi Rizky terpaksa dilanggar pemain tuan rumah. Ia yang menggambil free kick, sukses menghujamkan bola ke kanan kiper Sumbar, 1-1 kedudukan imbang. 

Di babak kedua, M Hidayatullah Munir yang bertindak sebagai pelatih futsal Aceh, memberikan sejumlah instruksi kepada anak asuhnya. Ia meminta pemain Aceh untuk fokus di sisa waktu yang ada. 

"Selain meminta fokus, saya mengingatkan para pemain untuk berani menguasai bola, dan tidak mengikuti gaya main Sumatra Barat," kata pelatih yang juga alumni USK itu. 

Instruksi tersebut dijalankan dengan baik oleh Hafid Enril, Iklil Marzuq, M Iqbal Aulia, T Maulana Yusuf, Syibran Malisi cs. Meskipun tampak lelah karena stamina terkuras, namun militansi anak-anak Aceh luar biasa. 

Fokus tim futsal Aceh juga diuji, karena tampak wasit relatif cenderung berpihak ke tuan rumah. Hanya saja, semangat juang dan tak ingin pulang lebih awal, mampu melewati ujian tersebut. 

Sebuah umpan lambung dari kiper, diteruskan dengan umpan ke depan kotak penalti Sumbar. Fitra Patria yang sudah menunggu, langsung menyambar bola tersebut, dan bersarang ke kiri atas gawang Sumbar. 

Hingga peluit akhir ditiupkan wasit, tuan rumah tak mampu menyamakan kedudukan. Skor 2-1 bertahan serta mengunci kemenangan Aceh. Atas hasil tersebut, Aceh berhasil keluar dari lubang jarum, setelah sebelumnya takluk dari Sumatra Selatan. 

Di babak 16 nanti, tim futsal Aceh menantang tim kuat, DKI Jakarta yang sebelumnya sukses menyudahi perlawanan NTT. Pertandingan Aceh vs DKI Jakarta akan dilaga pada Selasa 20 November 2022.