Mahasiswa USK Juara I Esai Jurnalis Tingkat Nasional

15.09.2022 Humas

Mahasiswa Universitas Syiah Kuala (USK), Ridea Oktavia meraih prestasi membangga-banggakan di ajang nasional. Mahasiswa Fakultas Hukum (FH) ini, keluar sebagai Juara I esai di ajang Journalism National Competition, yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro (FISIP UNDIP).

Ajang tersebut mengangkat tema, 'Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan di Indonesia. Kegiatan ini dimulai dari tanggal 24 Mei 2022, dilanjutkan pada tahap pengiriman esai dan dipilih 10 besar finalis, untuk mempresentasikan karya dan penilaian juri.

Utusan USK berhasil menjadi Juara I, Juara II dari Universitas Gajah Mada dan Juara III dari Universitas Diponegoro. Adapun ide yang digagas oleh Ridea adalah quo vadis hukum dan HAM terhadap penganut atheisme dalam kebebasan beragama dan berkeyakinan di indonesia.

"Dalam esai ini saya ingin menyampaikan bahwa terdapat faktor internum yang tidak dapat di jangkau oleh negara, karena berasal dari batin seseorang, sehingga hanya diketahui oleh empunya saja dan sifatnya non-derograble right," jelas Ridea.

"Atas dasar itu, seseorang diberikan hak asasi manusia bukan karena ia berperilaku secara khusus melainkan karena statusnya sebagai manusia, tidak memandang stratifikasi sosial, tidak pula karena apa yang dianutnya," tutupnya.