Mahasiswa USK Juara MTQ Nasional Tingkat S1 Farmasi

11.05.2021 Humas

Mahasiswa Program Studi Farmasi Universitas Syiah Kuala bernama Azzam Muttaqin berhasil meraih juara 1 pada kegiatan Musabaqah Tartil Quran nasional tingkat S1 Farmasi/Apoteker yang diselenggarakan oleh Universitas Jenderal Ahmad Yani (UNJANI). (Banda Aceh, 8 Mei 2021).

USK mengirimkan dua orang kandidatnya dalam kegiatan ini, Azzam dan Haikal. Terdapat empat katagori dalam perlombaan ini. Keduanya  mendaftar dalam katagori farmasi putra.

“Saya langsung tertarik dan mendaftarkan diri untuk mengikuti perlombaan ini setelah menerima informasi dari himpunan mahasiswa farmasi pada awal April lalu,” kata Azzam.

Dalam babak penyisihan awal, peserta diminta untuk mengirimkan video dengan durasi lima menit membacakan murottal. Tanggal 30 April 2021 Azzam dan Haikal mengirimakan video untuk seleksi babak penyisihan, dan tanggal 6 Mei penguman babak penyisihan pun diumumkan.

“Alhamdulillah, saya masuk dalam peringkat tiga dan berhak masuk ke babak final”, kata Azzam.

Dalam pengumuman babak penyisihan tersebut, Azzam berhasil menduduki rangking ketiga dengan perolehan nilai 77. Sementara rangking satu diperoleh oleh perwakilan dari Universitas Andalas dengan nilai 83,6. Diikuti oleh perwakilan IAIN Tulung Agung dengan perolehan nilai 78. Haikal sendiri menduduki rangking tujuh, dan belum berhasil masuk ke babak final.

Selanjutnya, babak final dilakukan pada tanggal 8 Mei melalui zoom, yang juga ditayangkan di yuotube BEM Farmasi UNJANI. Dalam babak final, masing-masing peserta diminta untuk mengaji selama lima 5-10 menit. Pada pukul 12, setelah acara penutupan selesai, pengumuman pun di umumkan. Azzam berhasil meraih juara 1 pada ajang nasional ini. Juara kedua diraih oleh Universitas Andalas, diikuti oleh IAIN Tulung Agung.

Azzam sendiri sebelumnya juga pernah mengikuti MTQ tingkat Provinsi dalam katagori Hifzil Quran sebanyak  5 juz. Tahun 2019 dan 2020 Azzam juga berhasil meraih juara di MTQ yang digelar oleh UKM LDK FOSMA dalam katagori yang sama.