Mahasiswa USK Juara Nasional Fahmil Quran

15.04.2021 Humas

Kafilah Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh berhasil mempersembahkan prestasi membanggakan pada Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa (MTQM) tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), pada 3-4 April 2021, mahasiswa USK meraih juara pertama cabang Fahmil Quran.

"Alhamdulillah, Tim Fahmil USK berhasil meraih peringkat 1 nasional  dengan nilai tertinggi 1.065. Di final, kita mengalahkan utusan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan Universitas Malang (UM)," ujar Ketua Kafilah yang juga Ketua Unit Pengembangan Program Pendamping Mata Kuliah Agama Islam (UP3AI) USK, Fathurrahmi SSi Msi.

Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni USK, Dr drh Mustafa Sabri MSi, dalam siaran persnya yang dimuat pada laman Serambinews.com menyebutkan, tim Fahmil USK beranggotakan Muhammad Iqbal Fathani, Iban Nazza Alkarimi , dan Ahlul Ramadhana. Ketiganya merupakan mahasiswa Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik USK.

M Iqbal Fathani merupakan eks anggota Tim Fahmil USK saat merebut jawara nasional di MTQMN 2019 lalu, saat USK bertindak sebagai tuan rumah. Sementara Iban Nazza dan Ahlul Ramadhana merupakan mahasiswa angkatan 2020.

"Selain juara di cabang fahmil, kafilah USK juga berhasil meraih prestasi di cabang lain. Di antaranya, Salmawani Samha  (Prodi Farmasi)  meraih juara kedua tahfiz lima juz putri, dan T Hidayatsyah  (Fakultas Kedokteran) sebagai juara harapan 1 Tahfiz 20 juz putra," jelas Mustafa Sabri.

Kompetisi yang dilaksanakan secara daring ini mengusung tema "Melahirkan Generasi Qur'ani Menuju Indonesia Madani di Era Pandemi." Cabang-cabang yang diperlombakan, tambah Mustafa, yakni Tilawatil dan Tartil Quran,  Hifzil Quran, Khattil Quran, Fahmil Quran, Syarhil Quran, KTI Kandungan Quran, Debat Ilmiah Quran, dan Desain Aplikasi Quran.

Pada bagian lain, Wakil Rektor III USK, Dr Ir Alfiansyah Yulianur BC menyebut event ini sebagai ajang pemanasan untuk mengikuti MTQ Mahasiswa Nasional Tahun 2021 yang merupakan kegiatan tahunan yang digagas oleh Pusat Prestasi Nasional, Direktorat  Pembelajaran  dan Kemahasiswaan, Kemendikbud RI.

"MTQ Mahasiswa Nasional direncanakan berlangung pada September atau Oktober mendatang," ujar Dr Ir Alfiansyah Yulianur BC.

Pada Januari 2021 lalu, USK juga sempat menyelenggarakan MTQ mahasiswa nasional secara  online. Saat itu, ada 75 perguruan tinggi se-Indonesia yang ikut menyemarakkan kegiatan tersebut. Pada event tersebut, kafilah USK berhasil meraih juara umum.