Mahasiswa USK KKN di Empat Kabupaten/Kota

04.12.2021 Humas

Mahasiswa Universitas Syiah Kuala (USK) dengan resmi dilepas ke empat kabupaten/kota guna melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Pelepasan tersebut berlangsung di depan Gedung Rektorat USK, Banda Aceh 4 Desember 2021.

Wakil Rektor IV USK, Prof. Dr. Hizir dalam sambutannya mengatakan, empat kabupaten/kota yang menjadi tempat KKN mahasiswa USK kali ini meliputi, Aceh Besar, Aceh Jaya, Naga Raya dan Aceh Singkil. 

"Sepanjang pelaksanaan KKN, kita semua harus patuh atas peraturan yang telah ditetapkan. Jangan karena kelalaian, membawa kepada hal yang tak kita inginkan. Ini menjadi kunci suksesnya KKN hingga selesai nanti," pesar WR IV di hadapan mahasiswa. 

Prof Hizir mengungkapkan, KKN tersebut berlangsung sejak tanggal 6 Desember 2021 dan berakhir pda 6 Januari 2022. Selama pelaksanaan KKN, ini menjadi periode ke-20 bagi USK. Kepada peserta KKN ia berpesan, agar tidak membawa budaya kota, tetapi berbaur dan beradaptasi dengan lingkungan. Tepatnya di desa KKN masing-masing. 

"Bagi USK, pelaksanaan KKN merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kami berharap, mahasiswa yang notabene sebagai
agent of change, dapat memberikan masukan kepada masyarakat. Jadilah duta yang baik di tengah masyarakat. Kampus USK bukanlah menara gading, tapi kita datang untuk membantu," tuturnya. 

Sementara itu, Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) USK Dr. Dra. Sulastri, M.Si mengatakan, KKN kali ini mengusung tema "Pemberdayaan Sumber Daya Gampong untuk Mewujudkan Desa Mandiri dan Tangguh Bencana". Ia berharap, mahasiswa dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dapat menjalankan KKN dengan baik. 

"Adapun DPL pada KKN kali ini sebanyak 48 orang. DPL yang terpilih kita harapkan bisa menjadi pembimbing lapangan dan berkontribusi dalam menghilirisasi riset kepada masyarakat," harap Sulastri.