Mahasiswa USK Wakili Aceh ke Pentas Duta Wisata Indonesia

14.09.2022 Humas

Mahasiswa Universitas Syiah Kuala (USK), Amalia Ahwa dinobatkan sebagai Duta Wisata Provinsi Aceh. Prestasi mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) diraih setelah penobatan di Pemilihan Agam Inong Aceh (PAIA) tahun 2022.

Kemenangan Amalia diumumkan di malam penutupan PAIA, bertajuk ‘Amazing Culture Ethnical Harmony’ yang diselenggarakan di Gedung AAC Dayan Dawood Banda Aceh, Sabtu 10 September 2022.

Mahasiswa asal Kabupaten Aceh Singkil tersebut akan mewakili Aceh, di pentas pemilihan Duta Wisata Indonesia, pada November mendatang di Kalimantan Utara.

"Terimakasih sebesar-besarnya untuk semua pihak, yang udah support amalia dari awal hingga Amalia ada di titik ini. Ga pernah disangka-sangka juga kalau Amalia terpilih dari semua duta-duta terbaik kebanggaan daerahnya masing-masing dan dipercayakan untuk mengemban tanggung jawab sebesar ini," tutur Amalia, Selasa (13/9/2022).

Ia mengatakan, menjadi perwakilan Aceh ke tingkat nasional merupakan tantangan tersendiri. Amalia menyadari, banyak kekurangan yang segera harus dituntaskan. Mengharumkan nama Aceh di tingkat nasional merupakan motivasi tersendiri, untuk lebih baik lagi ke depannya.

"Amalia mohon doa juga dukungannya dari teman-teman lainnya. Semoga Aceh bisa kembali meraih juara di tingkat nasional, seperti tahun sebelumnya," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Almuniza Kamal mengucapkan selamat kepada T Zaqhlul Nafil Zuhri dan Amalia yang terpilih menjadi Agam Inong Aceh 2022, melalui serangkaian kegiatan yang sudah dilakukan sejak sepekan terakhir.

"Siapapun yang berhasil sebagai pemenang jangan jumawa dan yang belum menang jangan berkecil hati. Karena semua para peserta merupakan yang terbaik yang dipilih dari kabupaten/kota masing-masing," kata Almuniza Kamal.

Bagi pemenang yang terpilih, ia berharap agar tetap menyiapkan diri dan terus menggali potensi untuk menyambut ajang pemilihan Duta Wisata Indonesia. Sehingga keberhasilan Muhammad Akkral dan Salwa Nisrina Authar Nyak Cut Daulat yang menjadi juara pada 2021 di tingkat Nasional bisa dilanjutkan tahun ini.

"Untuk finalis, jaga amanah siapkan diri dan gali potensi dengan baik sebagai keberhasilan Agam Inong 2021 yang lalu, agar dapat kita ulangi kembali menjadi juara Duta Wisata Indonesia pada tahun 2022 yang akan dilaksanakan November nantinya," harapnya.