Masyarakat Kuta Baro Siap Dukung Pengembangan Kampus II USK

01.12.2021 Humas

Rencana Universitas Syiah Kuala untuk mengembangkan kampus II di kawasan Kecamatan Kuta Baro, Aceh Besar mendapat sambutan dan dukungan baik dari masyarakat setempat. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Kepala Bagian Tata Pemerintahan Aceh Besar M. Hasan ST saat sosialisasi pengembangan Kampus II USK di Kantor Camat Kuta Baro. (Aceh Besar, 30 November 2021).

M. Hasan mengatakan, dirinya memahami rencana USK untuk mengembangkan Kampus II ini adalah untuk meningkatkan kualitas atau mutu pendidikan, khususnya bagi anak-anak Aceh. Karena itulah, dirinya menyambut baik rencana pembangunan kampus ini agar pendidikan Aceh menjadi lebih  baik. Di mana hal tersebut secara tidak langsung turut meningkatkan kesejahteraan masyarakat Aceh.

Di sisi lain, ia menilai pengembangan Kampus II ini memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat sekitar. Dengan kehadiran kampus ini maka masyarakat sekitar bisa mendapatkan manfaat secara ekonomi. Misalnya, mereka yang berdagang akan meningkat konsumennya, yang biasanya hanya masyarakat sekitar yang membeli kini sudah ada mahasiswa. Begitu pula yang mempunyai usaha kosan/rumah sewa, tentu akan menarik minat mahasiswa untuk menyewanya.

“Jadi manfaatnya luas sekali. Makan sudah semestinya kita menyambut baik rencana pembangunan Kampus USK ini. Karena ini juga demi masa depan anak-anak kita,” ucapnya.

Wakil Rektor II USK Dr. Ir. Agussabti, M.Si dalam sambutannya, menyampaikan terima kasih atas sambutan dan dukungan masyarakat atas rencana USK untuk mengembangkan kampusnya ini.

Agussabti menjelaskan, rencana USK untuk mengembangkan kampus II ini di kawasan Aceh Besar adalah agar dekat dengan kampus utama. Dengan demikian, masyarakat juga turut merasakan manfaat atas kehadiran kampus baru ini.

Menurutnya, selain dari sisi perekonomian. Kehadiran Kampus II USK ini juga bisa meningkatkan keilmuan masyarakat baik dalam bidang pertanian maupun peternakan. Sebab riset atau inovasi yang USK lakukan selama ini tujuan akhirnya adalah untuk kesejahteran masyarakat.

“ Nah, nantinya masyarakat juga bisa mendapatkan pembinaan, baik itu pertanian atau peternakan sehingga bisa meningkatkan kesejahteraannya,” terang Agussabti.

Sebelum kegiatan sosialisasi di Kecamatan Kuta Baro ini, USK sudah melakukan kegiatan yang pada tiga kecamatan di Aceh Besar lainnnya, yaitu Kecamatan Baitussalam, Darussalam dan Masjid Raya.

Pertemuan sosialiasi tersebut, turut menghadirkan sejumlah Keuchik/Kepala Desa yang berada di Kecamatan Kuta Baro. Turut hadir pula Kepala Seksi Penatagunaan Kawasan Hutan Husneta, S.Hut., M.Si, Sekretaris Camat Kuta Baro, Kepala Biro Umum dan Keuangan USK Maimun, S.T., M.M,  pihak Kepolisian dan TNI serta sejumlah Tim Pengembangan Kampus II USK.