MPBEN USK Hadirkan Dosen Tamu dari UKM Malaysia

01.07.2022 Humas

Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBEN) pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Syiah Kuala, menghadirkan Professor bidang Pendidikan Bahasa Inggris dan Inovasi Pedagogik dari Universiti Kebangsaan Malaysia  pada kegiatan Postgraduate Student Public Lecture.

Dosen Tamu tersebut adalah Prof. Prof. Dr. Melor Md. Yunus. Adapun tema yang dibahas pada public lecture ini adalah cara menyiapkan manuscript untuk publikasi Internasional. Acara public lecture ini dilaksanakan secara hybrid di ruang teleconference FKIP USK pada Rabu, 29 Juni 2022.

Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Dr. Asnawi Muslem dalam pembukaannya, menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya atas terlaksananya kegiatan postgraduate student public lecture ini.

Postgraduate Student Public Lecture ini adalah salah satu program unggulan dari prodi S2 Bahasa Inggris FKIP USK di bawah kepemimpinan Dr. Iskandar,” ujar Asnawi.

Lebih lanjut Asnawi menyampaikan bahwa topik bahasan pada public lecture ini benar-benar sangat bermanfaat bagi para dosen dan mahasiswa yang semuanya adalah peneliti.

“Topik yang dibahas pada acara ini sangat bermanfaat bagi para dosen dan mahasiswa tentang bagaimana strategi untuk mempublikasikan manuscript ilmiah pada jurnal Internasional,” tutup Asnawi.

Sementara itu Prof. Melor Md. Yunus, menjelaskana bagaimana membagi retorika penulisan artikel agar dapat mempublikasikan karya ilmiah pada jurnal bereputasi.

“Penulis perlu mengetahui retorika dalam penulisan manuscript ilmiah untuk dapat diterbitkan pada jurnal Internasional,” ucapnya

Lebih lanjut, Melor menyampaikan ada delapan poin yang perlu dimasukkan pada tulisan abstrak untuk dapat diterima oleh jurnal Internasional.

“Ada delapan poin yang harus ada pada abstrak manuscript kita yaitu introduction, statement of problems, research gap, objective, methods, findings, implications, and recommendations,” ujar Melor.

Pada kesempatan ini, Melor juga memberikan tips supaya cepat menyelesaikan penulisan thesis sebagai langkah akhir dari perjalanan kuliah tingkat S2. Mahasiswa perlu disiplin, fokus dan selalu melakukan sesuatu berkaitan dengan topik thesis nya setiap hari.

“Mahasiswa perlu memiliki sikap disiplin dan fokus pada topik penelitian thesis. Mahasiswa boleh melakukan apapun tetapi semua itu berkaitan dengan thesisnya” tutup Melor.

Suasana public lecture pun semakin semarak saat ketua program studi MPBEN, Dr. Iskandar Abdul Samad, MA memberikan doorprize dari Plum Hotel Lading Banda Aceh bagi peserta yang dapat menjawab pertanyaannya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Prof. Usman Kasim, Prof. Yunisrina Qismullah Yusuf, Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan dan Kaprodi S1 Bahasa Inggris, dosen, mahasiswa dan alumni MPBEN serta perwakilan ESA.  Public lecture ini terlaksana dengan sangat baik, yang dipandu oleh MC, Mutia Wahdini dan Moderator, Novi Yulinda Sari.