Ocean Diving Club USK Kembali Adakan Sertifikasi Selam di Sabang

18.11.2022 Humas

Ocean Diving Club dari Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Syiah Kuala kembali memgadakan Sertifikasi selam yang merupakan salah satu kegiatan tahunan dari Divisi Pendidikan dan Latihan (DIKLAT) ODC.

Divisi Diklat juga bertugas untuk menguji materi anggota baru baik dalam skill kemampuan menyelam maupun skill materi akademis penyelaman di ruangan. Tema pada Sertifikasi ini yaitu "Menciptakan kader penyelam dengan 3 B, Berkualitas, Berloyalitas dan Bertanggung Jawab serta memiliki rasa kekeluargaan yang tinggi".

Siswa DIKLAT yang telah melalui tiga tahap pelatihan yaitu Pengetahuan Akademis Penyelaman (PAP), Latihan Keterampilan Kolam (LKK) dan Latihan Perairan Terbuka (LPT) akan diuji oleh instruktur selam ADS International (Association of Diving School International). Kegiatan ini dilaksanakan mulai dari tanggal 10–14 November 2022 yang bertempat di Iboih dan Gapang Kec. Sukakarya Kab. Kota Sabang.

Koordinator Lapangan serta Kepala Divisi DIKLAT yaitu Avnan Qudra Yudas ODC (13.02) menyebutkan “Kegiatan ini adalah kegiatan rutinitas setiap tahunnya  sebagai legalitas generasi baru penyelam scientis ocean diving club, mereka telah menjalani Diklat selama kurang lebih 5 bulan dan akhirnya dapat mengikuti sertifikasi selam,  kegiatan tersebut berlangsung selama 4 hari".

Pada hari pertama kegiatan tanggal 10 November, dilakukan pembersihan lokasi tempat penginapan baik pengurus maupun siswa diklat dan juga dilakukannya diskusi terkait materi ruangan maupun lapangan.

Pagi hari kedua tanggal 11 November, siswa diklat melakukan pengulangan materi ruangan Pengetahuan Akademis Penyelaman (PAP) kemudian dilanjutkan dengan 1 kali dive pengulangan materi Latihan Perairan Terbuka (LPT) bertujuan sebagai pengenalan dan adaptasi terhadap lingkungan perairan dan dimalam hari dilakukan pemaparan materi ruangan mengenai Fisika Penyelaman ADS-I oleh Yulizar sebagai Dive Master.

Pada hari ketiga tanggal 12 November, siswa diklat dilatih serta diuji oleh Yulizar ODC (00.04) selaku Dive Master dan Pendiri Ocean Diving Club. Penyelaman dilakukan 2 kali sebagai persiapan ujian sertifikasi dan pada malam hari dilakukannya ujian tulis terkait materi ruangan Pengetahuan Akademis Penyelaman (PAP).

Ketua ODC, Gilang Yuarza ODC (12.02) mengatakan bahwa “Peserta sertifikasi ODC angkatan 14 akan diuji untuk mendapatkan sertifikat sebagai Diver A2 (Open-Water Diver) oleh ADS International, program divisi diklat ini yaitu sertifikasi bertujuan untuk  mendidik dan melatih calon anggota ODC menjadi seorang profesional".

Pada hari keempat tanggal 13 November, siswa diklat melakukan 2 kali dive yaitu pelaksanaan ujian sertifikasi A3 yang dipimpin langsung oleh Ibnu Azzam selaku instruktur ADS.

Ketua Panitia Sertifikasi, Rayhan Putra ODC (13.15) yang ikut dalam kegiatan ini menyatakan bahwa “Kegiatan ini merupakan kegiatan final atau kegiatan akhir yg mana para siswa telah mengikuti beberapa tahapan mulai dari tahap open recruitment hingga tahapan latihan lkk lpt dan juga materi pap hingga sampai tahapan terakhir ini yaitu sertifikasi. Harapannya siswa yg di sertifikasikan mampu mewujudkan sertifikasi ini sesuai dengan tema kegiatan, tutupnya.