Pemerintah Jepang Tawarkan Beasiswa Pendidikan

06.03.2019 Humas

Atase Bidang Pendidikan dan Beasiswa Kedutaan Jepang di Indonesia, Keichii Yamaguchi, menjadi narasumber dalam kuliah tamu Japan Education System and Insight into Japanese Culture and Lifestyle yang berlangsung di ruang VIP AAC Dayan Dawood, Selasa (5/2). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kantor Urusan Internasional (OIA) Unsyiah bekerja sama dengan Kedutaan Jepang di Indonesia.

Dalam pemaparannya, Yamaguchi mengatakan jika pemerintah Jepang menyediakan banyak beasiswa bukan hanya bagi mahasiswa, tetapi juga dosen dan siswa sekolah. Beasiswa ini dibuka setiap tahunnya pada bulan Mei. Tersedia banyak fasilitas beasiswa, seperti biaya pendidikan, tiket pesawat, bebas pembuatan visa pelajar, tunjangan hidup, serta tanpa ikatan dinas.

Ia juga menyebutkan ada lima universitas yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia di Jepang. Kelima universitas itu adalah Ritsumeikan Asia pacific University, Kyushu University, Tokyo Institute of Technology, Tohoku University, dan University of Tsukuba.

“Beasiswa pemerintah Jepang sedikit sekali penerimanya dari Sumatera, terutama dari Aceh. Kebanyakan dari Pulau Jawa,” ujar Yamaguchi.

Segala informasi beasiswa pemerintah Jepang dapat diakses di https://www.id.emb-japan.go.jp dan http://www.jasso.or.id/

Sementara itu Ketua OIA, Dr. Muzalin Affan, MSc mengatakan pertemuan ini menjadi kesempatan besar bagi siswa, mahasiswa, dan dosen untuk menggali tips serta trik agar dapat mempersiapkan diri dan meraih beasiswa pemerintah Jepang. Selain itu, juga untuk menggali peluang kerja serta melihat kehidupan sosial dan budaya Jepang lebih dekat.

“Ini menjadi kesempatan bagus untuk mendengar apa yang harus dipersiapkan meraih beasiswa pemerintah Jepang,” pungkasnya. (Humas Unsyiah/fer)