Pemkab Aceh Tengah dan USK Selenggarakan Kelas Magister Akuntansi

31.12.2021 Humas

Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah dan Universitas Syiah Kuala menjalin kerja sama dalam bidang pendidikan, yaitu penyelenggaraan kelas kerja sama pendidikan S2 Magister Akuntansi. Kesepakatan itu ditandai dengan penandatangan MoU oleh Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar dan Rektor USK Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., IPU., ASEAN.Eng di Balai Senat USK. (Banda Aceh, 30 Desember 2021).

Selain kedua pimpinan tersebut, naskah kerja sama ini turut ditanda tangani oleh Sekretaris Daerah Aceh Tengah Subhandy, AP dan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Aceh Tengah Jamaluddin, SE, MM.

Sementara pihak USK, naskah tersebut turut ditanda tangani oleh Koordinator Program Studi Magister Akuntansi Dr. Fazli Syam dan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr. Faisal, SE, M. Si., MA.

Rektor dalam sambutannya mengatakan, kesepakatan kerja sama ini adalah tindak lanjut dari pertemuan Pemkab Aceh Tengah, dengan USK yang pertengahan Desember lalu melakukan Rapat Kerja di Tekengon.

Rektor menilai, kerja sama ini merupakan bentuk dukungan USK dalam mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik (Good Governance). Sebab akuntansi adalah disiplin ilmu yang sangat penting dalam penyusunan laporan keuangan yang baik. Di mana hal tersebut berkaitan erat dalam meningkatkan terciptanya good governance. Mengingat kelas kerja sama ini nantinya mampu menghasilkan alumni yang bergelar Magister Akuntansi (M.Si.Ak).

“Selanjutnya, mereka akan mampu menempati posisi strategis sesuai dengan bidang ilmunya, khususnya ilmu akuntansi pemerintahan yang secara kompetensi mampu di bidang keuangan dan pelaporan,” ucap Rektor.

Sementara itu, Shabela Abubakar menyampaikan terima kasih atas kesediaan USK untuk menjalin kerja sama dengan Pemkab Aceh Tengah. Menurutnya, kesepakatan ini sangat penting karena mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Aceh Tengah.

Dengan hadirnya SDM yang handal dalam bidang akuntansi, ucap Shabela Abubakar, maka secara tidak langsung dapat memperkuat serta meningkatkan kinerja Pemkab Aceh Tengah.

“Kami yakin, kerja sama ini bisa memberi kontribusi positif bagi kinerja Pemkab Aceh Tengah. Dengan semakin banyak SDM yang handal di bidang akuntasi, maka semakin mudah kita mewujudkan tata pemerintahan yang baik,” ucapnya.

Selain itu, dalam kesempatan ini Shabela Abubakar juga meminta dukungan USK untuk dapat membantu Universitas Gajah Putih (UGP), yang merupakan perguruan tinggi tertua di Aceh tengah untuk dapat menjadi perguruan tinggi negeri.  Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor I USK Prof. Dr. Ir. Marwan, para Wakil Dekan FEB USK serta sejumlah pejabat di jajaran Pemkab Aceh Tengah.