Pengenalan Perpustakaan untuk Mahasiswa Baru

26.09.2014 Humas

Perpustakaan Unsyiah adalah “jantung” Universitas Syiah Kuala, yang keberadaannya merupakan kebutuhan masing-masing fakultas ataupun jurusan. Setiap tahun, Perpustakaan Unsyiah menggelar pengenalan perpustakaan untuk mahasiswa baru. Kegiatan pengenalan ini diwajibkan untuk seluruh mahasiswa yang telah lulus di kampus Unsyiah.

Kegiatan pengenalan perpustakaan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dasar mahasiswa baru dalam mengenal Perpustakaan Unsyiah. Mereka menerima berbagai informasi tentang perpustakaan yang disampaikan oleh petugas. Mereka juga diajarkan bagaimana mencari buku dan mengolah berbagai informasi dari berbagai media yang tersedia di perpustakaan, sehingga memudahkan mahasiswa baru dalam menyelesaikan tugas-tugasnya.

Zakiah, S.Pd. yang bertugas sebagai koordinator pengenalan mahasiswa baru di Perpustakaan Unsyiah mengatakan, kegiatan ini dimulai sejak tanggal 2 September 2014 dan akan berakhir pada tanggal 31 Oktober 2014 mendatang. Sejauh ini, baru ada 9 prodi yang telah ikut program pengenalan perpustakaan dari 47 prodi yang ada di Unsyiah. Jumlah mahasiswa yang telah ikut bimbingan berjumlah 567 orang. Sedangkan mahasiswa baru yang telah mendaftar untuk menjadi anggota perpustakaan sampai tanggal 25 September 2014 kini mencapai 3.028 0rang.

“Dan, kita masih menunggu jurusan-jurusan lain untuk ikut pengenalan hingga tanggal 31 Oktober 2014 mendatang,” terang Zakiah.

Adelia Yolanda, salah seorang mahasiswa baru dari FMIPA Biologi yang telah mengikuti program pengenalan perpustakaan mengatakan, fasilitas yang ada di perpustakaan sudah cukup memadai. Adelia berharap, ke depannya, Perpustakaan Unsyiah dapat menambah lagi koleksi buku-buku yang baru.

Selain pengenalan pada mahasiswa baru, Perpustakaan Unsyiah juga sering mengadakan kuliah umum dan kelas literasi informasi yang dapat diikuti oleh mahasiswa universitas lain dan umum. Selain sebagai tempat belajar, mencari referensi, dan memperdalam ilmu pengetahuan, Perpustakaan Unsyiah juga memiliki banyak jenis koleksi lain, di antaranya fiksi untuk material sciences, bahan cetak untuk koleksi digital seperti CD-ROM, CD, VCD, dan DVD, kumpulan serial harian publikasi seperti koran, juga serial bulanan seperti majalah. Untuk dapat meminjam koleksi perpustakaan, Anda harus terlebih dahulu menjadi anggota perpustakaan dengan sejumlah syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi. [un-be]