Pentaque USK Kembali Juara Nasional

30.07.2021 Humas

Tim UKM Petanque Universitas Syiah Kuala (USK) yang berhasil menjuarai kegiatan nasional Pekan Prestasi Mahasiswa Nasional (PANTASI) 2021, yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Semarang, mulai tanggal 13-27 Juli secara virtual.

Pembina UKM Petanque USK, Drs. Abdurrahman, M.Kes menyampaikan, pihaknya  mengirimkan 9 orang atlet yang terdiri dari 8 orang atlet putra dan 1 orang atlet putri. Tim ini didampingi oleh Novi Lidya Isdarianti, S.Pd., M.Pd sebagai Pelatih UKM Petanque USK.

Secara teknisd, PANTASI dilakukan dengan proses pengumpulan video, kemudian dikirimkan ke panitia melalui aplikasi Telegram dan berdasarkan hasil penilaian Dewan Juri/Arbitre pada tanggal 29 Juli 2021 pukul 15.00 WIB, hasilya diumumkan.

Tiga Mahasiswa Jurusan Pendidikan Olahraga FKIP USK berhasil menorehkan prestasi. Muhammad Khalil menyabet Juara I, pada nomor Shooting Standard Man, diikuti M. Muhlis Harliza sebagai Juara II di nomor yang sama. Sementara itu, pada nomor  Shooting Standard Women, Nur Afni Ramadhyanti dinobatkan sebagai Juara III.

Drs. Abdurrahman, M.Kes yang juga Ketua Umum Pengprov FOPI Aceh menyampaikan, pembinaan yang telah dilakukan selama ini di USK, tepatnya di Lapangan Petanque FKIP, telah membuahkan hasil seperti yang diharapkan.

"Kehadirsan mahasiswa baru dapat juga dapat dijadikan moment, untuk merekrut atlet pemula dalam upaya meningkatkan prestasi cabang olahraga petanque di Provinsi Aceh," kata Abdurrahman.

Harapan lain juga disampaikan oleh Pelatih UKM Petanque USK, Novi Lidya Isdarianti, S.Pd., M.Pd. Ia mengingatkan para atlet untuk selalu komitmen dalam menjalankan program latihan yang telah disusun setiap tahunnya. Latihan merupakan titik awal untuk menggapai prestasi yang diharapkan.

Sementara itu, Wakil Rektor III Universitas Syiah Kuala, Dr. Ir. Alfiansyah Yulianur BC memberikan apresiasi yang tinggi atas prestasi yang telah diraih mahasiswa USK. Menurutnya,  cabang olahraga petanque berkembang pesat di kampus kembangaan rakyat Aceh, dan ini bukan kali pertama mereka mengharumkan nama kampus.

"Saya berharap agar prestasi yang telah dicapai dapat dipertahankan dengan baik, sehingga cabang olahraga petanque dapat dijadikan sebagai ikon olahraga di USK," ucap Warek III.

Untuk diketahui, PANTASI yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Semarang tersebut, merupakan salah bentuk kegiatan olahraga nasional untuk mendorong tumbuhnya prestasi dan semangat reputasi generasi muda Indonesia di bidang olahraga, karya ilmiah, dan seni.

Kegiatan ini memperlombakan Cabang Olahraga Atletik, Panahan, Petanque, Aerobic & Dance, Bola Basket, Karya Ilmiah, dan Video Kreatif. Kegiatan ini direncanakan akan diselenggarakan secara rutin tiap 2 tahun, dan untuk pertama kalinya, dilaksanakan pada tanggal 12 - 29 Juli 2021 secara daring.