Perpusnas Dukung USK Wujudkan Perpustakaan Unggulan

20.05.2022 Humas

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia siap untuk memberi dukungan kepada Universitas Syiah Kuala dalam mewujudkan perpustakaan kampus ini menjadi perpustakaan unggulan di Indonesia. Hal tersebut  disampaikan oleh Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Drs. Deni Kurniadi, M. Hum saat mengunjungi USK. (Banda Aceh, 18 Mei 2022).

Pada pertemuan tersebut, Deni Kurniadi menjelaskan, saat ini ada 6000 perpustakan dari perguruan tinggi yang dibina oleh Perpusnas. Namun dari jumlah tersebut, baru sekitar 2000 perpustakaan yang sudah memiliki standar di atas rata-rata.

Oleh karena itu, Deni mengungkapkan, Perpusnas siap memberikan dukungan baik berupa pembinaan maupun penerbitan agar perpustakaan USK menjadi lebih baik lagi.

“Jadi bagaimana pustaka USK yang sudah standar A, bisa meningkatkan lagi standarnya di tingkat nasional, sehingga perpustakaan ini menjadi unggulan di Indonesia,” ucapnya.

Wakil Rektor I Prof. Dr. Ir. Agussabti, M.Si mengatakan, selama ini perpustakan USK telah berkembang dengan sangat baik. Khususnya dari segi pelayanan yang saat ini sudah berstandar ISO. Meskipun demikian, Agussabti menilai, masih banyak potensi dari perpustakaan ini yang dapat dioptimalkan.

Oleh karena itu, Agussabti menyambut baik dukungan dan kerja sama Perpusnas untuk mendorong perpustakaan kampus ini menjadi unggulan.

“Karena tidak mungkin pendidikan akan maju, tanpa adanya perpustakaan yang hebat.. Maka, arahan dan saran dari Perpusnas sangat penting sehingga pustaka kita menjadi unggulan di Indonesia,” ucapnya.

Kepala UPT Perpustakaan USK Dr. –Ing. Rudi Kurniawan, S.T., M.Sc mengatakan, saat ini jumlah kunjungan Perpustakan USK secara on site rata-rata sekitar 2500 – 3000 pengunjung/hari. Begitu pula kunjungan secara maya, yang jumlahnya juga cukup tinggi.

Menurutnya, angka ini setidaknya menjelaskan, tingginya antusias mahasiswa ataupun masyarakat untuk mengunjungi perpustakaan. Hal ini tidak lepas dari dukungan pimpinan Universitas yang terus berupaya untuk meningkatkan sarana dan prasarana perpustakaan ini.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor IV USK Dr. Dr. Ir. Taufiq Saidi., M. Eng., IPU, Kepala Pusat Pengembangan Bisnis USK Dr. Syaifullah Muhammad, Sekretaris LPPM. Sementara dari Perpusnas, turut hadir Dr. Taufiq A Gani, S.Kom, M.Eng.Sc. yang pernah menjabat Kepala Perpustakaan kampus ini dan mengantarkan Perpustakan USK meraih ISO.