PPLH USK Gelar Lomba Video Edukasi dan Implementasi Pelestarian Lingkungan

19.04.2021 Humas

Pusat Penelitian Lingkungan Hidup Universitas Syiah Kuala mengadakan kegiatan yang telah lama dinantikan oleh mahasiswa USK, yaitu Lomba Video Edukasi dan Implementasi Pelestarian Lingkungan dengan tema yang diangkat " Lestarikan Lingkungan Selamatkan Masa Depan ", (Banda Aceh, 19 April 2021).

Adapun jadwal perlombaan ini adalah, untuk pendaftaran peserta lomba video dibuka dari tanggal 12 April sampai 31 Mei 2021. Lalu masa pengiriman video ke panitia mulai tanggal 3 – 6 Juni 2021, dan proses seleksi pada 8 – 10 Juni 2021. Sementara pengumuman pemenang pada tanggal tanggal 12 juni 2021.

Ketua Panitia Lomba Dr. Ichwana, ST, MP mengatakan, lomba ini merupakan salah satu upaya USK untuk mensosialisasikan parameter UI GreenMterik di lingkungan USK dalam rangka mewujudkan Suistainable Green Campus.

“Kita ingin turut melibatkan mahasiswa berpartisipasi, salah satunya dalam membuat Lomba Video “Edukasi dan Implementasi Pelestarian Lingkungan” di dalam lingkungan kampus USK ini,” ucapnya.

Dr. Ichwana mengungkapkan, syarat serta ketentuan untuk mengikuti lomba ini sangatlah mudah yaitu peserta merupakan mahasiswa USK S1, S2 dan S3. Peserta dapat berupa individu atau kelompok serta tidak lupa melakukan pendaftaran pada link yang telah disediakan oleh panitia. Selain itu,  lomba ini juga tidak dipungut biaya sedikit pun.

“Mekanisme pelaksanaan program dan tata cara lomba ini terdapat pada link  http://bit.ly/syaratpplhusk,”  ucapnya.

Lomba video ini memiliki 6 subtema yang bisa dipilih oleh peserta, yaitu Penataan dan Infrastuktur, Energi dan Perubahan Iklim, Limbah, Air, Transportasi, dan Pendidikan dan Penelitian.

“Untuk sistem pembagian hadiahnya akan diberikan kepada pemenang “persubtema”, jadi satu subtema akan memiliki satu juara,” ungkapnya.

Dr. Ichwana berharap, melalui lomba ini diharapkan para mahasiswa USK dapat bersama-sama melestarikan lingkungan dengan cara sekreatif mungkin, lalu dikemas dalam bentuk video yang menarik. Dengan demikian, efeknya  bukan hanya melestarikan lingkungan tetapi orang lain yang melihat video tersebut juga merasa tergugah.

“Sehingga masyarakat juga merasa untuk turut serta melestarikan lingkungan dengan cara yang relevan serta kekinian, serta hasil akhir yang kita harapkan bersama yaitu lestarikan lingkungan selamatkan masa depan,” pungkasnya.