Prodi Pendidikan Dokter USK Raih Akreditasi Unggul

10.08.2021 Humas

Program Studi Sarjana Pendidikan Dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala berhasil meraih akreditasi Unggul. Keputusan tersebut berdasarkan hasil visitasi dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) dengan Nomor: 0244/LAM-PTKes/Akr/Sar/VII/2021. (Banda Aceh, 10 Agustus 2021).

Dekan FK USK Prof. Dr. Maimun Syukri Sp.PD (K) mengatakan, dirinya sangat bersyukur atas keberhasilan FK USK meraih akreditasi Unggul. Hal ini tidak lepas dari dukungan  serta kerja keras dari berbagai pihak khususnya Civitas FK USK selama ini.

Selain itu, Prof. Maimun menilai, pencapaian ini sangat berarti bagi FK USK sebagai upaya meningkatkan standar pelayanan serta akademik institusi ini. Dengan capaian ini, peluang FK USK untuk membuka prodi-prodi baru juga semakin terbuka.

Di sisi lain,  Prof. Maimun mengungkapkan, secara tidak langsung keberhasilan meraih akreditasi unggul ini turut menaikan reputasi FK USK di masyarakat, sehingga dapat menarik minat calon mahasiswa untuk menempuh pendidikannya di fakultas ini.

“Dengan akreditasi Unggul, tentu kepercayaan masyarakat terhadap prodi Pendidikan Dokter USK semakin baik. Ini penting, untuk memberikan jaminan seperti apa  kualitas pendidikan di FK USK ini,” ucapnya.

Masa berlaku akreditasi ini adalah satu tahun. Terhitung mulai dari diterbitkannya keputusan ini yaitu pada tanggal 30 Juli 2021. Waktu setahun ini karena asessment lapangannya melalui daring, dan sebelum masa setahun itu berakhir asessor LAM-PTKes akan datang ke FK USK untuk meninjau asessment  secara daring tersebut.

"Kalau sesuai maka level akreditasi  yang telah diberikan itu berlaku lima tahun, tentu dengan sertifikat dari LAM-PTKes," ujar Prof. Maimun.

Meskipun demikian, Prof. Maimun menyadari bahwa keberhasilan ini tidak boleh membuat FK USK berpuas diri. Mengingat tantangan dunia pendidikan ke depan  termasuk bidang kesehatan semakin beragam. Untuk itulah, keberhasilan ini akan menjadi motivasi bagi FK USK untuk terus berbenah agar keilmuan yang diajarkan sesuai dengan kebutuhan zaman. Sementara itu, Rektor USK Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng IPU turut bersyukur dan sangat mengapresiasi kerja keras civitas FK USK sehingga berhasil meningkatkan akreditasinya, dari sebelumnya A menjadi unggul.

Secara institusi, ungkap Rektor, akreditasi unggul ini sangat penting karena merupakan salah satu parameter penting pada Indikator Kinerja Utama (IKU)  Perguruan Tinggi yang ditetapkan oleh Kementerian. Selain itu, raihan akreditasi unggul ini adalah yang pertama kali di USK. Karena itulah, Rektor berharap pencapaian tersebut dapat memotivasi prodi-prodi lain di kampus ini.

Alhamdulillah, ini maknanya seluruh fakultas di kampus ini telah satu visi untuk bergerak secara sinergis dalam merealiasasikan visi dan misi Universitas,” ujar Rektor.