Prodi Teknik Komputer USK Laksanakan CMD

26.11.2021 Humas

Program Studi Teknik Komputer, Fakultas Teknik dan Pusat Riset Telematika Universitas Syiah Kuala (USK) akan melaksanakan Computer Multi-challenge Day (CMD). Tema yang diusung pada acara tahunan tersebut adalah “AI swifts the Industry: An Era of IoT and Cloud Technologies”, yang diselenggarakan pada tanggal 27-28 November 2021 secara daring/virtual. 

Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari kegiatan yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer (HIMATEKKOM) USK. Acara yang berlangsung selama dua hari ini memiliki beberapa rangkaian acara yang terdiri dari seminar nasional, workshop programming, dan disertai dengan perlombaan, diantaranya Syiah Kuala Hackathon, Lomba Cepat Logika Digital (LCLD), dan E-Sport.

Pada tahun ini, acara Computer Multi-challenge Day ikut menggandeng beberapa kolaborator, salah satunya adalah program pengembangan kurikulum magister IND 4.0. Program IND 4.0 ini didukung oleh program Erasmus+ Uni Eropa (https://www.ind4-0-eu.my/). 

Beberapa narasumber tingkat nasional akan ikut meramaikan acara ini, diantaranya H. Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A (Ketua MPR-RI), Dr. Jerry Sambuaga (Wakil Menteri Perdagangan Indonesia), Brigjen Pol. Edi Setio Budi Santoso (Karotekinfo Divisi TIK Polri) dan Iman Rahmansyah Tayibnapis, M.Eng (Research Group Lead di PT. Nodeflux Teknologi Indonesia). 

Iman Rahmansyah yang mewakili bidang industri kecerdasan buatan merupakan lulusan Kumoh National Institute of Technology, Korea. Ia akan memaparkan peran komputasi awan (cloud computing) dan IoT (Internet of Things), khususnya di bidang kota pintar (smart city) serta tantangan implementasinya. Seperti yang diketahui bahwa kota pintar (smart city) merupakan bagian dari SDGs (Sustainable Development Goals) Indonesia.