Prof. Samsul Lantik Pengurus Cabang PII Langsa

13.11.2021 Humas

Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal.,M.Eng, IPU.ASEAN.Eng yang hadir sebagai Ketua  Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Aceh melantik pengurus baru PII Cabang Kota Langsa untuk periode 2021 – 2024 di Aula Fakultas Teknik Universitas Samudra (UNSAM). (Langsa, 13 November 2021).

Sebelumnya, PPI Cabang Kota Langsa telah melakukan musyawarah cabang pada 12 November 2021. Dalam Muscab tersebut, terpilih Dr. Ir. Hamdani, MT sebagai Ketua Terpilih pengurus PII Cabang Kota Langsa yang baru untuk masa bakti 2021 – 2024.
Selanjutnya, ketua terpilih telah mengirimkan susunan kepengurusan yang terdiri dari pengurus harian, ketua komite dan bidang.

Prof. Samsul dalam sambutannya seusai mengambil sumpah pengurus baru tersebut, mengucapkan selamat kepada pengurus baru PII Kota Langsa ini. Rektor menjelaskan, saat ini USK telah menjalankan Program Studi-Program Profesi Insinyur (PS-PPI) melalui Fakultas Teknik USK, dan telah melantik tiga periode lulusan prodi tersebut.
Keberadaan program profesi insinyur ini ternyata mendapat sambutan positif dari pelaku industri serta pihak lainnya. Sebab mereka yang lulus ini bermakna telah tersertifikasi kompetensinya untuk melakukan kerja-kerja keinsyuran.

Selain itu, PII juga sudah menjalankan program profesi insinyur kehutanan, yang merupakan kerja sama PII dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.  Kerja sama ini adalah salah satu upaya untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM) yang lebih profesional dalam pengelolalan hutan.

“Semua ini menjelaskan bahwa keberadaan insinyur yang profesional semakin penting. Maka keberadaan PII yang mewadahi profesi ini harus mampu memberikan kontribusi positif dalam pembangunan di masyarakat,”  ucap Prof. Samsul yang merupakan Rektor USK tersebut.

Kegiatan ini turut dihadiri Wakil Rektor I USK Prof. Dr. Ir. Marwan. Sebelum menghadiri pelantikaan ini, kedua pimpinan USK tersebut terlebih dahulu tampil sebagai narasumber dalam kuliah Umum Fakultas Teknik Universitas Samudra Langsa. Kuliah umum  yang menghadirkan ratusan mahasiswa beserta dosen UNSAM tersebut, mengangkat tema “Implementasi MBKM dalam Mempersembahkan Mahasiswa Berdaya Saing Global”.