Program UP3AI Mahasiswa Baru Dimulai

17.09.2019 Humas

Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) resmi membuka Program Pendamping Mata Kuliah Agama Islam Universitas Syiah Kuala (UP3AI) bagi mahasiswa baru 2019. Peresmian ini berlangsung di pelataran Masjid Jamik Unsyiah, Sabtu (14/9) yang dihadiri ribuan mahasiswa.

Direktur UP3AI Unsyiah, Fathurrahmi mengatakan, Unsyiah sebagai salah satu institusi pendidikan terbesar di Aceh  bertanggung jawab untuk melahirkan generasi yang memiliki karakter intelek, disiplin, mandiri, dan bertakwa kepada Allah Swt. Salah satu cara untuk membentuk karakter tersebut adalah melalui program UP3AI.

Pada tahun ini lanjutnya, program UP3AI diikuti 6.400 mahasiswa. Mereka akan mengikuti UP3AI selama dua semester. Ini merupakan kewajiban yang harus ditunaikan setiap mahasiswa Unsyiah agar dapat mengambil mata kuliah pendidikan agama Islam. Di semester pertama ini, para mahasiswa akan dilatih membaca Alquran. Sedangkan pada semester kedua, program UP3AI fokus pada pendidikan praktek ibadah dan akhlak.

Untuk itu, Fathurrahmi berharap setiap mahasiswa Unsyiah bertanggung jawab selama program ini berlangsung.

  

Sementara itu Wakil Rektor II, Dr. Ir. Agussabti, M.Si., berharap program UP3AI dapat memberikan dampak positif bagi para mahasiswa. Ia juga mengajak para mahasiswa untuk selalu berpedoman pada Alquran dan hadis dalam menjalani kehidupan. Sebab dengan berpedoman pada Alquran dan hadis, hidup akan lebih baik dan berarti.

“Harus ada motivasi membaca dan menerapkan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan. Semoga mahasiswa Unsyiah menjadi ahli ilmu pengetahuan dan beriman kepada Allah Swt hingga hari akhirat nanti,” ujarnya.

‌Selain itu, di waktu bersamaan juga digelar Orientasi Program Pembinaan Asrama (OPPA) 2019. Direktur Asrama Unsyiah, Amiruddin, menjelaskan kehidupan asrama memberikan dampak positif bagi mahasiswa. Sebab selama tinggal di asrama, mahasiswa diajak untuk terus meningkatkan kemampuan diri melalui berbagai program pendukung akademik.

Orientasi ini juga diisi oleh beberapa pemateri, seperti Prof. Dr. Farid Wajdi Ibrahim dan Dr. Kol. Ahmad Husain. (Humas Unsyiah/fer)