PT SBA Serahkan Dummy Bahan Peledak untuk USK

27.12.2021 Humas

Perusahaan semen yang berlokasi di Lhoknga, Aceh Besar yaitu PT Solusi Bangun Andalas (PT SBA) menyerahkan dummy bahan peledak untuk Program Studi Teknik Pertambangan Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala. Dummy bahan peledak tersebut diserahkan oleh Head of External Relation PT SBA Win Bernadino kepada Dekan FT USK Prof. Dr. Ir. Alfiansyah Yulianur BC di Balee Keureukon Fakultas Teknik USK. (Banda Aceh, 27 Desember 2021).

Prof. Alfiansyah dalam sambutannya mengatakan, dirinya menyampaikan terima kasih atas dukungan PT SBA terhadap kegiatan pendidikan di Fakultas Teknik, yaitu dengan cara dengan memberikan dummy bahan peledak ini. Ia mengakui, tanggung jawab FT USK dalam melahirkan lulusan keteknikan yang berkualitas tidaklah mudah. Maka fakultas ini harus bersinergi dengan banyak pihak demi mewujudkan sumber daya manusia di bidang keteknikan yang handal.

Oleh karena itu, menurut Prof. Alfiansyah, bantuan PT SBA tersebut sangat berarti untuk mendukung peningkatan kompetensi mahasiswa khususnya di prodi Teknik Pertambangan.

“Ada banyak capaian pembelajaran yang harus dicapai oleh mahasiswa, yaitu melalui kegiatan pratikum maupun praktik kerja lapangan. Jadi kami sangat hargai bantuan ini, karena bisa semakin membuka wawasan mahasiswa,” ucapnya.

Sementara itu Win Bernadino mengatakan, bantuan ini adalah bentuk komitmen dari PT SAB sebagai pelaku industri untuk terus bersinergi dengan pihak perguruan tinggi. Sebab ia mengakui, upaya membangun dunia industri yang kuat tidak lepas dari peran perguruan tinggi sebagai penyedia sumber daya manusia unggul.

“Produk-produk dari Universitas itu banyak dibutuhkan oleh industri. Seperti SDM yang berkualitas, inovasi, teknologi maupun riset lainnya. Nah, karena  itulah kita ingin bersinergi untuk saling menguatkan peran tersebut,” ucapnya.

Koordinator Prodi  Teknik Pertambangan FT USK Ir. Pocut Nurul Alam, M.T mengungkapkan, bantuan PT SBA ini semakin memperat hubungan antara USK dengan perusahan tersebut. Sebab selama ini, kedua belah pihak telah banyak melakukan kerja sama yang saling menguntungkan. Di antaranya, kegiatan magang dan program riset lainnya.

“Bantuan dummy bahan peledak ini pun, semakin membuka wawasan mahasiswa dalam memahami mata kuliah terkait bahan peledak. Seperti bagaimana perencanaan bahan peledak yang baik,” ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan para Wakil Dekan FT USK, sejumlah mahasiswa di prodi Teknik Pertambangan, serta perwaklian dari PT Dahana yang merupakan distributor bahan peledak untuk PT SBA.