Rektor Lantik Dekan FISIP USK

31.12.2021 Humas

Rektor Universitas Syiah Kuala (USK), Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., IPU. Asean.Eng melantik Dr. Mahdi Syahbandir, S.H., M.Hum sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) periode 2021-2025. Pelantikan dilaksanakan secara luring terbatas pada Kamis, 30 Desember 2021 di Gedung AAC Dayan Dawood USK.

Pada kesempatan itu, Rektor menyampaikan agar dekan terpilih kali ini bisa menjadikan FISIP lebih baik lagi. Apalagi, ini adalah periode kedua Dr. Mahdi menjabat sebagai dekan FISIP.

Salah satu poin yang ditekankan oleh Rektor untuk kemajuan FISIP adalah keselarasan. Rektor menegaskan, semua dosen dan tenaga kependidikan FISIP USK harus bersinergi untuk memajukan FISIP sebagaimana moto USK yakni, keikhlasan, kejujuran, dan kebersamaan.

Selanjutnya, Samsul juga menekankan perihal akreditasi FISIP yang harus ditingkatkan.

“Kita berharap akreditasi FISIP bisa lebih baik ke depannya, paling tidak ada prodi yang bisa mendapatkan akreditasi unggul”, kata Rektor.

Terakhir, rektor juga berharap agar penelitian dan publikasi yang dihasilkan oleh dosen FISIP bisa lebih banyak lagi.

“Dalam beberapa tahun ini, kita sudah menambah dana penelitian kita. Saya harap dekan terpilih bisa memacu para dosen di lingkungan FISIP agar lebih giat melakukan penelitian dan publikasi.

Sementara itu, Mahdi menyampaikan, dirinya akan terus berupaya untuk memajukan FISIP USK, tarutama dalam hal akreditasi.

“Saya akan berusaha pada periode jabatan saya ini agar FISIP beserta empat program studinya dapat memperoleh akreditasi A,” sebutnya.

Menurutnya, selama ini FISIP sedang fokus dalam peningkatan mutu di berbagai bidang, khususnya bidang kerja sama dan publikasi. Penguatan bidang kerja sama dan publikasi tentunya akan berdampak pada penilaian mutu fakultas. Jadi, para dosen nantinya akan didorong untuk meningkatkan publikasi karya ilmiah di tingkat nasional maupun internasional.

“Namun, hal pertama yang harus kita tingkatkan adalah sinergitas dan keikhlasan dari seluruh sivitas akademika FISIP USK,” ujarnya.

Menurut Mahdi, semangat dari moto keikhlasan, kejujuran, dan kebersamaan terbukti telah membawa USK meraih akreditasi A dan sangat pantas untuk ditiru oleh semua fakultas di USK.

Acara pelantikan ini disaksikan oleh Wakil Rektor I USK, Prof. Ir. Marwan, Wakil Rektor II USK, Dr. Ir. Agussabti, M.Si., para dekan di lingkungan USK, serta wakil dekan dan dosen di lingkungan FISIP USK.