Rektor Resmikan Gedung Pusat Riset Mekanisasi dan Perbengkelan Pertanian USK

12.01.2021 Humas

Rektor Universitas Syiah Kuala (USK), Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng meresmikan Gedung Pusat Riset Mekanisasi dan Perbengkelan Pertanian (Pusmeptan), Jumat (8/1/21). Gedung baru ini terketak di Kopelma Darussalam tepatnya di belakang Fakultas Pertanian USK dan dekat dengan Stadion USK.

Dilansir dari Serambinews.com, peresmian gedung ini ditandai pemotongan pita oleh Rektor USK, Prof. Samsul Rizal, sekaligus penandatanganan prasasti gedung ini. Saat meresmikan Gedung Pusmeptan ini, Rektor USK didampingi Wakil Rektor II, Dr Ir Agussabti, MSi, Dekan Fakultas Pertanian USK, Prof Dr Ir Samadi, MSc.

Selain itu, juga Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) USK, Prof Dr Taufik Fuadi Abidin, Ssi, Mtech dan Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Aceh, Ir M Ferizal, MSc.

Samsul, dalam sambutannya berharap Pusmeptan USK ini berperan baik dalam pengembangan riset-riset mekanisasi pertanian sebagaimana sudah berjalan selama ini. Lebih dari itu, Samsul menekankan dengan peresmian gedung baru ditambah berbagai fasilitas nanti, juga dapat meningkatkan pengembangan mekanisasi pertanian. Mulai proses pengolahan tanah, menanam bibit, penyiraman/pemupukan, dan lain-lain.

 Misalnya penyiraman tanaman muda, bagaimana melalui Pusmeptan ini nanti bisa melahirkan mekanisasi pertanian yang penyiramannya itu tak perlu lagi manual. Tetapi secara modern yang bisa dialiri melalui pipa dan secara otomatis kadar air atau pupuk yang dibutuhkan lebih terukur.  Artinya tak berkurang atau malah berlebih yang akibatnya juga tak bagus untuk tanaman. Dengan cara-cara seperti ini, para generasi millenial juga akan suka bertani,” kata Samsul.

Hal senada disampaikan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) USK, Prof Taufik Fuadi Abidin. Ia menyebutkan luasnya lahan pertanian di Aceh belum termekanisasi dengan baik, maka tugas Pusmeptan USK bersama para stakeholder terkait mengupayakan modernisasi ini.

Sementara itu, Dekan Fakultas Pertanian USK Prof Dr Ir Samadi, MSc, mengatakan pembangunan gedung baru Pusmeptan USK hingga rampung ini diinisiasi, Prof Dr Ir Yuswar Yunus. Namun, berhubung di tengah pandemi Corona, maka gedung ini belum sempat diresmikan hingga Guru Besar Fakultas Pertanian Unsyiah ini tiba-tiba meninggal pada 17 Oktober 2020.

Samadi pada kesempatan ini mengusulkan agar gedung ini ditabalkan nama Prof Yuswar Yunus untuk mengenang jasanya. Saat meninggal yang bersangkutan juga masih menjabat Ketua Pusmeptan USK.   

Menyambut usulan tersebut, Rektor USK, Prof Dr Samsul Rizal menyetujui penabalan nama Prof Yuswar Yunus untuk Gedung Pusmeptan ini. Begitu pun, katanya nanti hal ini harus diputuskan dalam rapat senat. 

Turut hadir saat acara ini tadi, para Wakil Dekan Fakultas Pertanian USK, Ketua Jurusan Teknik Pertanian USK, Dr rer hort Indera Sakti Nasution, STP, MSc. Kemudian Pengurus Pusmeptan USK, serta para Dosen Jurusan Teknik Pertanian USK.