Rektor Unsyiah Ikuti Peluncuran Produk Inovasi Covid-19 Bersama Presiden Jokowi

22.05.2020 Humas

Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) mengikuti peluncuran secara daring produk inovasi untuk membantu pencegahan Covid-19 di Indonesia, Rabu (20/5/2020). Peluncuran ini diikuti 351 yang terdiri dari menteri, pejabat negara, peneliti, perusahaan kesehatan, dan juga perguruan tinggi dari seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan saat ini dunia tengah beradu cepat menangani Covid-19. Harus ada inovasi dan karya yang konkret untuk menghadapinya. Kondisi ini juga menjadi momentum baik bagi kebangkitan bangsa, terutama di bidang kesehatan

"Saat ini dunia sedang beradu cepat dalam menangani wabah COVID-19 dan kita harus menjawabnya dengan inovasi dan karya-karya nyata yang konkret dan ini adalah momentum baru," kata Jokowi dalam sambutan peresmian produk riset untuk percepatan penanganan COVID-19.

Jokowi lanjut menjelaskan produk-produk lokal yang telah siap produksi untuk penanganan COVID-19. Terdapat 55 produk inovasi yang dihasilkan dan 9 di antaranya merupakan produk unggulan, seperti PCR Test Kit, Rapid Test Kit, Ventilator, Imunomodulator, Plasma Convalesence, Mobile Lab BSL-2, AI untuk Deteksi covid-19, Autonomous UVC Mobile Robot (AUMR), Purifying Respirator.

Jokowi juga mengajak kerja sama antar-komponen untuk berinovasi mengembangkan produk dalam negeri, khususnya untuk penanganan Corona. Jokowi menyerukan untuk bangga akan buatan dalam negeri.

"Sudah saatnya dunia industri berani berinvestasi sudah saat masyarakat juga harus mencintai produk-produk dalam negeri dan kita harus bangga buatan Indonesia," kata Jokowi.

Sementara itu, Rektor Unsyiah berharap lahirnya produk inovasi ini dapat mencegah penyebaran sekaligus mempercepat pemulihan dari virus Covid-19. Kehadiran inovasi ini dapat menjadi penyemangat bagi tim kesehatan yang saat ini menjadi garda terdepan penanganan Covid-19.