Rektor Unsyiah Safari Ramadan di FH dan FISIP

20.05.2019 Humas

Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng dan para Wakil Rektor serta jajaran pejabat di Biro Rektorat, melakukan Safari Ramadan di Fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Pertemuan yang bertujuan untuk menyerap aspirasi serta masukan untuk pengembangkan kedua fakultas ini berlangsung di Aula Fakultas Hukum Unsyiah. (Rabu, 15/5).

Dekan FH Unsyiah Prof. Dr. Ilyas.,S.H.,M. Hum menjelaskan, dari sisi Sumber Daya Manusia saat ini FH Unsyiah memiliki 87 orang dosen dan lima Profesor. Lalu untuk tenaga pendidikan sebanyak 56 orang yang terdiri dari 21 PNS dan 25 honorer. Sementara untuk jumlah mahasiswa sebanyak 1048 orang yang terdiri dari mahasiswa S1, S2 dan S3.

Ilyas menambahkan, bahwa FH Unsyiah memiliki potensi yang besar untuk melahirkan Profesor baru. Sebab hingga saat ini, jumlah Lektor Kepala di fakultas ini ada sekitar 39 orang. Sementara dari sisi fasilitas, kondisi ruang kuliah di FH relatif padat. Untuk itulah ia berharap, FH Unsyiah mendapatkan gedung baru agar proses belajar mengajar di fakultas ini berjalan lancar.

“Untuk gedung baru ini jauh hari sudah kita usulkan, dan nampaknya tahun ini sudah ada lampu hijau. FH Unsyiah akan mendukung penuh dan kalau ada halangan kami siap mem-backup dari sisi legal formalnya,” ucap Ilyas.

Dekan FISIP Unsyiah Dr. Mahdi Syahbandir, S.H., M. Hum mengatakan, dari segi prestasi FISIP Unsyiah pada Unsyiah Games lalu berhasil meraih pencapaian yang cukup membanggakan. Atlet dari FISIP Unsyiah sukses meraih 5 mendali mas, 7 mendali perak dan 4 mendali perunggu.

Setelah peresmian gedung baru FISIP Unsyiah pada Januari 2019 lalu, akitvitas belajar mengajar di fakultas ini juga semakin baik. Mahdi berharap, pada semester depan seluruh aktivitas perkuliahan bisa dilaksanakan di FISIP Unsyiah. Mengingat selama ini kegiatan belajar mengajar masih tersebar di beberapa tempat di luar kampus FISIP.

Rektor Unsyiah dalam sambutanya mengatakan, rencana pembangunan gedung baru FH Unsyiah akan segera terealisasi. Di mana lokasinya adalah di depan FH Unsyiah. Kepada fakultas ini, secara khusus Rektor mengingatkan kepada Lektor Kepala yang ada untuk bisa segera meraih gelar profesornya. Terkait hal ini Unsyiah tentu saja akan memberikan dukungan penuh agar gelar tertinggi di bidang akademik tersebut segera diraih.

“Tahun ini kita menarget akan memiliki 100 profesor dan di akhir masa jabatan saya nanti. Saya telah bercita-cita bahwa Unsyiah harus memiliki 200 profesor,” ucap Rektor

Terkait hal ini pula, Rektor juga mengingatkan kepada dosen yang ada di FISIP Unsyiah untuk gencar menerbitkan publikasi ilmiahnya yang bereputasi. Sama seperti fakultas lain, FISIP sebenarnya memiliki potensi yang besar untuk berkontribusi meningkat reputasi Unsyiah dalam dunia pendidikan.