Rektor USK Awali Safari Ramadan di FEB

12.04.2022 Humas

Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Marwan mengawali kegiatan safari Ramadan tahun ini di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Rektor beserta rombongan pimpinan Universitas disambut oleh Dekan FEB Dr. Faisal, S.E., M.Si, MA di Balai Sidang FEB. (Banda Aceh, 12 April 2022).

Pada pertemuan tersebut, Faisal menyampaikan kondisi dan perkembangan dari FEB yang merupakan fakultas tertua di kampus ini. Di antaranya, saat ini FEB sudah memiliki 16 program studi dan dosen sebanyak 153 orang.

Akreditasi sejumlah prodi di fakultas ini juga sudah berkembang dengan sangat baik. Dan saat ini, tiga prodi dari FEB sedang melakukan reakreditasi yaitu S1 Manajemen, Ekonomi Islam dan Doktor Ilmu Manajemen.

Selanjutnya, Faisal mengungkapkan bahwa FEB membutuhkan pengembangan infrastruktur fakultas. Di antaranya adalah pengembangan kembali aula. Mengingat selama ini jika melaksanakan kuliah luring fakultas ini kekurangan ruang kuliah.

“Jadi kebutuhan pengembangan aula ini sangat penting, untuk mendukung kegiatan akademik di fakultas ini,”

Meskipun demikian, pada pertemuan tersebut disepakati agar pengembangan gedung di fakultas ini tidak merusak nilai historis yang ada. Sebab jika merujuk sejarah kehadiran FEB ini adalah cikal bakal lahirnya Universitas Syiah Kuala.

Kemudian, Rektor USK menyampaikan terima kasih  dan sangat mengapresiasi atas sambutan dari FEB pada kegiatan safari Ramadan ini. Rektor mengungkapkan, safari Ramadan seperti ini adalah agenda rutin pimpinan Universitas setiap tahunnya dengan tujuan untuk menjaring aspirasi atau masukan dari fakultas. Dengan demikian, pimpinan universitas mendapatkan informasi untuk pengembangan kampus.

Dalam forum ini, Rektor juga menyampaikan apresiasi atas kontribusi FEB USK selama ini dalam mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) yang telah ditetapkan oleh Kementerian. Khususnya, pada IKU 1 dan 2 termasuk di antaranya lulusan yang berwirausaha. Menurut Rektor, harapan tersebut ada pada fakultas FEB.

“Sebab tahun lalu angka lulusan kita yang berwirausaha hanya 15%. Jadi saya kira, inilah kesempatan bagi FEB untuk memotivasi mahasiswanya agar semangat berwirausaha,” ucap Rektor.

Pada pertemuan ini, Rektor didampingi oleh Wakil Rektor III dan IV. Lalu turut hadir pula para Kepala Biro. Sementara dari FEB, hadir sejumlah dosen beserta tenaga kependidikan di lingkungan fakultas tersebut.