Rektor USK Awali Safari Ramadan Secara Daring dengan FEB

22.04.2021 Humas

Rektor Universitas Syiah Kuala (Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng mengawali safari Ramadan tahun 2021 bersama Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Berhubung masih dalam suasana pandemi Covid-19, kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring via aplikasi Zoom. (Banda Aceh, 22 April 2021)

Pada safari Ramadan perdana ini, secara umum Rektor beserta jajarannya mendengarkan aspirasi dari pejabat, dosen, pegawai dan semua yang terlibat di lingkungan FEB. Rektor berpesan, agar FEB yang notabe pernah menjadi fakultas terfavorit untuk memacu diri mengejar ketertinggalan.

"FEB harus terus memacu diri. Tanpa perubahan kita akan statis. Prinsipnya, hari ini harus lebih baik dari kemarin. Kalau enggak kita merugi," ucap Rektor.

Salah satu catatan penting adalah, Rektor kembali mengingatkan Dekan FEB, untuk terus mendorong para dosen meningkatkan penelitian. Saat ini, FEB jika merujuk pada data USK yang ada, peringkat penelitiannya berada di papan tengah.

Rektor juga mengingatkan untuk segera adanya regenerasi Guru Besar di FEB yang saat ini jumlahnya makin menyusut sebab pensiun.

"Penelitian dari fakultas soshum, sedikit tertinggal dari fakultas eksakta. Ini menjadi tantangan dan PR bersama. Saya sebagai Rektor siap membantu, silahkan ditingkatkan. Apa kendala sampaikan, biar kita proses," kata Prof. Samsul.

Lebih jauh, Rektor berupaya membangun gedung baru di FEB  dalam waktu dekat, dengan sumber dana Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Inisiatif ini dilakukan sebagai respon cepat, setelah gedung yang sebelumnya diagendakan dibangun Pemerintah Aceh, belum juga terealisasi. Rencananya, gedung baru ini akan dibangun di samping Balai Sidang FEB.

Terakhir, pada safari Ramadan ini, Rektor beserta jajarannya juga menerangkan, kemungkinan minggu depan USK akan kembali melaksanakan kuliah secara daring. Langkah ini ini diambil menginggat pertumbuhan positif Covid-19 di Aceh meningkat tajam.

"Dengan kenaikan positif Covid-19 di Aceh, mungkin minggu depan harus daring kembali. Kita (USK) tidak ingin menjadi pusat lonjakan Covid-19," tutur Rektor.

Dekan FEB Prof. Dr. Nasir, S.E., MBA mengapresiasi langkah cepat yang Rektor ambil. Pihaknya siap bersinergi demi kemajuan USK dan FEB.

"Untuk semua jajaran yang ada, mari kita laksanakan arahan Pak Rektor. Mudah-mudahan FEB bisa bersaing tidak hanya di lingkungan USK, lokal tapi juga di tingkat nasional. Amin," tutup Prof. Nasir.