Rektor USK Bahas Inovasi Pertanian di Forum RSIC 2021

09.07.2021 Humas

Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng menjadi salah satu pembicara pada forum Rising Star Agri-Food Innovation Challenge (RSIC) tahun 2021. Pada forum ilmiah berskala internasional tersebut, Rektor menyampaikan pandangannya terkait pentingnya inovasi di sektor pertanian. (Banda Aceh, 9 Juli 2021).

Rektor mengatakan, ketahanan pangan merupakan salah satu isu penting yang menjadi perhatian dunia. Sebab, suatu negara akan lebih berdaulat jika mampu memiliki kesiapan dari sektor ketahan pangannya.

Untuk itulah, salah satu strategi untuk mewujudkan ketahanan pangan adalah menumbuhkan semangat inovasi di sektor pertanian. Pada kesempatan ini, Rektor juga mengajak anak muda untuk tumbuh menjadi inovator dengan cara menciptakan ragam produk inovasi di sektor pertanian.

Rektor juga menilai, forum ilmiah seperti ini sangatlah penting karena dapat menginspirasi para generasi muda untuk berbuat sesuatu atau inovasi di bidang pertanian.

“Saya mengajak para inovator muda untuk tidak melewatkan kesempatan ini dan meninggalkan jejak inovasi mereka demi masa depan dalam membangun sistem pangan yang lebih berkelanjutan dan sehat bagi masyarakat dunia,” ucap Rektor yang merupakan Ketua IMT GT Uninet.

Pembicara lain pada forum ini yaitu Founder & CEO Thought For Food, Christine Gould juga mendukung pendapat Rektor tersebut. Christine mengatakan, saat ini solusi pangan yang diharapkan ada pada kaum muda di Indonesia, Malaysia, dan juga Thailand.

“Keberadaan mereka akan memberikan solusi untuk masalah ketersediaan pangan di tengah keadaan planet kita yang kian sulit, di tangan mereka jugalah kita akan menemukan cara untuk menghentikan masalah pangan ini,” ujarnya.

Lalu, Christine menambahkan, makanan adalah masalah yang kita hadapi, namun makanan jugalah solusinya. Hal ini mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan kita, bukan hanya sebagai bagian untuk bertahan hidup. Jika kita tidak melakukannya dengan benar, perlahan hal ini akan membawa kita menuju kehancuran.

“Melalui Rising Star Innovation Challenge ini, kami ingin meningkatkan kesadaran kaum muda, membangkitkan semangat inovasi mereka dalam memberikan dampak kepada sistem pangan,” ujarnya.

Forum Rising Star Agri-Food Innovation Challenge merupakan kegiatan yang diinisiasikan oleh IMT-GT UNINET dan Green Growth Foundation. Kegiatan ini juga mendapat dukungan penuh dari Indonesia, Malaysia, Thailand Growth Triangle dan Thought For Food Foundation.

Tujuan dari acara ini ialah untuk mengajak kaum muda untuk memberikan inovasi mereka terkait sistem pangan demi mewujudkan tempat tinggal dan masyarakat yang sehat di planet yang kita cintai ini. Dalam ministerial launch ini, Rising Star Agri Food Innovation Challenge secara khusus mengundang orang-orang yang berpengaruh dalam bidang pembelajaran, inovasi, dan teknologi