Rektor USK Dukung UNSAM Meningkatkan Statutanya

13.11.2021 Humas

Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal.,M.Eng, IPU.ASEAN.Eng mendukung upaya Universitas Samudra (UNSAM) Langsa untuk meningkatkan statutanya. Pernyataan tersebut disampaikan Rektor saat menjadi narasumber dalam kuliah umum Fakultas Teknik UNSAM  di Gedung Serbaguna kampus tersebut. (Langsa, 13 November 2021).

Rektor menilai, perubahan statuta bagi sebuah perguruan tinggi ini sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas tata kelolanya. Hanya saja, hal tersebut akan sulit terwujud jika tidak ada persamaan persepsi dan komitmen pimpinan Universitas.
Karena itulah, menurut Rektor, UNSAM yang saat ini masih berstatus Satuan Kerja (Satker) dengan akreditasi institusinya adalah B, sudah saatnya untuk bertransformasi menjadi Perguruan Tinggi Badan Layanan Umum (PTN BLU).

Rektor mengungkapkan, saat ini Indonesia masih tergolong tertinggal dibandingkan negara ASEAN lainnya dalam segi inovasi. Padahal, inovasi adalah kata kunci jika Indonesia ingin bergerak lebih cepat untuk menuju Indonesia maju.
Adapun salah satu strategi mendorong lahirnya generasi yang inovatif ini, ungkap Rektor, adalah dengan peningkatkan mutu sumber daya manusia. Oleh sebab itu, perguruan tinggi harus mampu menciptakan atmosfir pendidikan yang mendorong mahasiswa untuk berpikir kreatif dan inovatif.

“SDM itu ujung tombaknya inovasi. Tanpa SDM yang baik,  tidak mungkin mewujudkan cara berpikir yang inovatif. Maka perguruan tinggi harus berubah. Karena itulah, sudah saatnya UNSAM menaikkan statutanya agar reputasi kampus ini lebih baik lagi,” ucap Rektor.
 

Sementara itu Wakil Rektor I USK Prof. Dr. Ir. Marwan yang turut hadir sebagai narasumber mengungkapkan,  pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang telah dicanangkan oleh Kementerian, adalah salah satu upaya pemerintah untuk melahirkan lulusan yang berpikir inovatif tersebut.

Selama ini USK telah berupaya menjalankan program MBKM tersebut secara optimal melalui Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LPPPM). Adapun strategi yang USK lakukan di antaranya adalah, melakukan revisi kurikulum yaitu dengan cara lebih banyak mata kuliah yang diekivalensi dengan kegiatan MBKM, serta menyiapkan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) untuk kegiatan MBKM non tutorial yang bervariasi setiap mahasiswa.

“MBKM ini sebenarnya program yang baik sekali, jika kita mampu mengelolanya dengan serius,” ucap Prof. Marwan.

Adapun pemateri lainnya yaitu Prof. Dr. Ir. Razali, M.Si.,M.T, memaparkan tentang bagaimana mengaplikasikan green energi di universitas. Menurutnya,  perguruan tinggi sudah semestinya menjadi contoh dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan. Untuk itulah, UNSAM dapat mencontoh USK yang telah  melaksanakan konsep green campus ini dengan sangat baik

Dalam kesempatan ini, Rektor UNSAM Dr. Ir. Hamdani, MT menyampaikan terima kasih atas dukungan USK terhadap pengembangan UNSAM ke depannya. Menurutnya, kuliah umum yang dihadiri pimpinan USK ini sangatlah penting untuk memahami starategi yang efektif bagi UNSAM, yang telah bertekad untuk meningkatkan statutanya.
“Terima kasih karena kami bisa memperoleh tambahan ilmu tentang pelaksanaan MBKM di UNSAM. Khusus Prof. Samsul, tentang perubahan status USK dari BLU menuju PTN BH juga merupakan informasi penting bagi kampus ini,” ucapnya.