Rektor USK Resmikan Klinik Pratama dr. T. Makmur Mohd. Zein

16.06.2022 Humas

Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Marwan meresmikan dua unit layanan kesehatan baru yaitu Klinik Pratama dr. T. Makmur Mohd. Zein dan Apotek Pendidikan USK. Hal ini ditandai dengan pemotongan pita oleh Rektor pada unit layanan kesehatan tersebut.  (Banda Aceh, 14 Juni 2022).

Rektor dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur atas berdirinya unit kesehatan ini. Gedung ini sebenarnya sudah diresmikan oleh Rektor USK sebelumnya Prof. Dr.  Ir. Samsul Rizal, M.Eng., IPU., ASEAN-Eng pada 22 Februari 2022 lalu. Sementara peresmian hari ini, menandai dimulainya layanan kesehatan di klinik tersebut.

Menurut Rektor, ada dua hal yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan klinik kesehatan ini. Pertama, peningkatan kualitas layanan kesehatan termasuk di antaranya tersedianya alat-alat kesehatan.

Terkait hal ini, Rektor mengungkapkan, pimpinan universitas siap memberikan dukungan agar Klinik Pratama ini bisa berfungsi secara optimal.

Selanjutnya, Rektor berharap, klinik pratama dapat berperan untuk mendukung pendidikan di USK. Di mana kehadirannya, dapat menjadi media pembelajaran bagi fakultas rumpun kesehatan di kampus ini. Apalagi, dengan hadirnya Apotek Pendidikan merupakan salah satu syarat penting bagi USK untuk membuka  Program Studi Profesi Apoteker.

“Dengan kehadiran Klinik Pratama ini, maka USK bisa memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat secara lebih luas. Dengan demikian, kualitas kesehatan di masyarakat bisa lebih baik,” ucap Rektor.

Ketua Panitia Dr. drg. Munifah Abdat, M.A.R.S menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat sehingga Klinik Pratama bisa di-launching hari ini.

Menurutnya, kehadiran klinik ini adalah cita-cita bersama untuk memenuhi kebutuhan kesehatan bagi sivitas akademika USK dan masyarakat di sekitar kampus.

"Rangkaian acara peresmian ini dimulai dari  donor darah, konsultasi obat gratis. Dan mulai besok tersedia layanan kesehatan gratis, serta scalling tanpa dipungut biaya,” ucapnya.

Klinik Pratama ini memiliki beberapa jenis layanan kesehatan yaitu Dokter Umum, Dokter Gigi, Ahli Gizi, Home Care, pemeriksaan lab, dan farmasi. Lalu, ada pula program unggulan  setiap Jumat berupa perawatan luka diabetes, pembersihan karang gigi diskon 10%, gratis cek gula daran 1 kali, konsultasi kesehatan gratis, dan pembelian obat diskon 10%. Adapun jam layanan unit kesehatan ini dimulai dari pukul 07:00 – 21:00 WIB. Untuk informasi lebih lengkap dapat menghubungi 082160003393.

Turut hadir dalam kegiatan ini Para Wakil Rektor USK, Ketua Badan Pengembangan Bisnis USK, Pimpinan Klinik Pratama dan Apotek Pendidikan USK, sejumlah Dekan di lingkungan USK, serta turut hadir keluarga dan istri dari dr. T. Makmur Mohd. Zein dan tamu undangan lainnya.